Ada Lelang Online Batu Meteor Nih! Minat Guys?
Foto: CNN/ditemukan di San Fransisco,Brazil seharga Rp 13.400.000 sampai Rp 27.000.000

Ada Lelang Online Batu Meteor Nih! Minat Guys?

Kamis, 4 Mei 2017 | 09:11 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Perasaan aneh akan menyelimuti dirimu saat memegang sepotong Mars di tanganmu. Tapi itu benar-benar terjadi di kantor rumah lelang Christie di New York. Serangkaian meteorit langka, bagian dari "Deep Impact: Marsian, Lunar dan Meteor Langka Lainnya," di lelang secara online tahunan dari jenis 'barang' luar bumi milik Christie. Deep Impact, yang akan ditayangkan dari tanggal 3 sampai 10 Mei, dengan banyak perkiraan mulai dari $ 1.000 sampai $ 120.000.

Di sini, ada yang besar, ada yang kecil. Beberapa dari bulan, beberapa dari Mars. Salah satunya adalah bentuk pir dan pas di telapak tangan. Bentuk batu lainnya, seukuran jendela kecil, disajikan dengan bentuk irisan irisan, memperlihatkan kristal berkilau peridot dan olivin.

"Setiap kali seseorang, untuk pertama kalinya, memegang karya seni luar angkasa yang terbuat dari besi, itu adalah yang ketiga setua waktu itu sendiri, ini adalah momen yang menawan," kata James Hyslop, spesialis Christie yang mengatur penjualan .

"Tetap saja, bagi saya, ini adalah pengalaman yang menyentuh." tambahnya.

Meteorit adalah apa yang tertinggal saat komet, asteroid atau meteoroid bertahan melalui atmosfer bumi. Daya tariknya yang luar biasa bagi kolektor adalah ketiganya, kata Hyslop.

image0

Foto: CNN/Sebuah meteorit Gibeon ditemukan di Namibia

"Nomor satu, batu ini sangat langka, nomor dua, batu ini sangat cantik, dan nomor tiga, ada teka-teki filosofis yang indah tentang batu ini. Batu-batu ini tidak berasal dari dunia, batu-batu ini adalah karya seni luar angkasa dan karya duniawi lainnya" katanya.

Tapi itu tidak berarti bahwa semua meteorit layak mendapat label harga yang lumayan. Banyak batu yang kurang baik saat memasuki atmosfer kita, terkikis oleh proses terestrial. Batu yang bagus sulit ditemukan, dan biasanya bersumber dari koleksi pribadi yang ada.

Untuk dimasukkan ke dalam pelelangan Christie, sebuah meteorit perlu memiliki apa yang dimiliki Hyslop dubs "the four S's": ukuran, bentuk, sains dan cerita.Umumnya semakin besar meteorit, semakin tinggi harganya, jelasnya, seperti dikutip dari CNN .

Tapi itu bentuk spesimen yang menurutnya merupakan faktor paling penting dalam hal nilai.

"Beberapa meteorit hanyalah benda yang indah dengan sendirinya. Saya telah melihat mereka dibandingkan dengan patung abstrak oleh orang seperti Henry Moore dan Barbara Hepworth," kata Hyslop. Ia mencatat bahwa banyak kolektor seni modern tertarik pada meteorit untuk alasan ini.

image1

Foto: CNN/Spesimen besar Allende terdiri dari karbon chondrite

Dari sudut pandang ilmiah, bersamaan dengan kelangkaannya, yang menjelaskan harga spesimen bulan dan Mars yang lebih tinggi, ini adalah usia meteor yang sangat besar yang menarik bagi para kolektor. Satu lot, spesimen besar yang ditemukan di Meksiko, adalah meteorit chondrite berkarbonasi.

Hyslop menjelaskan, "secara harfiah bahan tertua yang dapat dipegang dan digenggam oleh tangan manusia."

"Ini berusia 4,56 miliar tahun, sebuah angka yang sangat mengejutkan sehingga hampir kehilangan semua makna. Cara saya mulai memikirkannya adalah bahwa benda itu adalah yang ketiga setua waktu itu sendiri, yang benar-benar sangat dalam," katanya.

Namun, terlepas dari faktor tradisional yang menentukan ketertarikan dan nilai spesimen, ada sesuatu yang unik mengenai jenis pengumpulan ini, menurut catatan Hyslop. Ketika melihat meteorit, preferensi sering bisa terasa seperti misteri.

image2

Foto: CNN/Sepotong parsial besar Esquel pallasite ditemukan di Argentina

"Jika kamu mengumpulkan 10 orang di sebuah ruangan dan meminta untuk memilih dua atau tiga kesukaan mereka, saya dapat menjamin tidak ada yang memiliki jawaban yang sama," katanya.

Hyslop sebagian berjumlah 31, potongan parsial pallasite besar dan "magis".

"Meteorit Pallasite memiliki campuran besi dan batu yang indah di dalamnya, dan ada kristal dalam matriks besi yang telah dipoleskan ke cermin, dan diiris, jadi permata itu tembus pandang. Bila kamumenahannya ke cahaya, itu berkilau." katanya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...