Ada Perban Bisa Berubah Warna

Ada Perban Bisa Berubah Warna

WinNetNews.com - Ada perban bisa berubah warna. Namun bukan untuk alasan fashiion melainkan inovasi baru. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Applied Materials and Interfaces, disebutkan bahwa perban yang berubah warna ini dapat membedakan bakteri tak berbahaya yang memang hidup di kulit manusia dan bakteri infeksi yang membawa risiko kesehatan terhadap sang pasien.

Penelitian ini dilakukan oleh University of Bath, bekerja sama dengan Burns Research Center di Rumah Sakit Anak Bristol, dan University of Brighton. Cara yang ada selama ini mengharuskan perbannya dibuka—dan ini menyakitkan bagi sang pasien sehingga dapat memperlambat penyembuhan dan menyebabkan luka parut berkepanjangan—dan hasil pengujiannya baru didapatkan 48 jam kemudian.

Kemampuan untuk mendeteksi infeksi dengan cepat dan tepat menggunakan perban ini memberikan perbedaan nyata pada hidup ribuan anak karena memungkinkan para dokter memberikan perawatan yang tepat pada waktu yang tepat, dan lebih penting lagi, mengurangi kekebalan terhadap antibiotika di tingkat global. Saat ini perban bisa berubah warna itu baru diujikan pada binatang. Bisa jadi akan tersedia dalam waktu dekat.