Ada Perwira TNI AL di antara Perwira Japan Maritime Self Defence Forces

Sofia Citradewi
Sofia Citradewi

Ada Perwira TNI AL di antara Perwira Japan Maritime Self Defence Forces

Winnetnews.com - Ada hal yang menarik di saat penulis sedang melaksanakan kunjungan ke Pusat Pencegahan Bencana Jepang (The Tokyo Rinkai Disaster Prevention Park). Saat itu penulis baru saja tiba dan sedang antri untuk memasuki gedung The Tokyo Rinkai Disaster Prevention Park tersebut, ketika tiba-tiba datang satu bus yang membawa rombongan Perwira Angkatan Laut Japan Maritime Self Defence Forces (JMSDF). Rombongan tersebut berbaur dengan rombongan penulis dan berbaris rapi antri di belakang penulis. 

Di tengah antrian mereka, terlihat sesosok perwira yang saling berbincang dengan bahasa Jepang, namun ada satu hal yang menggelitik perhatian penulis, yaitu adanya tulisan INDONESIA di atas lengan baju seragam salah seorang perwira rombongan JMSDF tersebut. Penulis pun memberanikan diri dengan menanyakan apakah perwira tersebut benar berasal dari Indonesia mengingat wajah dan aksen perwira tersebut sangat berbeda dengan perwira JMSDF lainnya. Perwira tersebut lalu memperkenalkan dirinya adalah Letkol Laut (P) Ario Sasongko, yang merupakan perwira menengah dari TNI AL. Lebih lanjut penulis menanyakan dalam rangka kegiatan apa berada di Tokyo. Ario lalu menjelaskan bahwa kedatangannya ke Jepang adalah dalam rangka memenuhi undangan dari JMSDF untuk mengikuti kegiatan 9th Western Pacific Naval Symposium Short Term Exchange Program for Officers of the Next Generations (WPNS STEP).

Kegiatan WPNS STEP tersebut sendiri dikutip dari web resmi JMSDF merupakan kegiatan tahunan rutin yang diadakan oleh JMSDF Command and Staff College mulai dari tanggal 10 Oktober sampai dengan 18 Oktober 2019, dengan tujuan memperdalam saling pengertian di antara para peserta sehingga mereka dapat mempromosikan kerja sama multilateral sebagai perwira Angkatan Laut masa depan. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan para peserta kesempatan untuk memahami situasi keamanan Jepang, kebijakan pertahanan dan infrastruktur pasukan pertahanan Jepang, serta sejarah dan budaya Jepang. Dalam kegiatan WPNS STEP ke-9 tahun 2019, dihadiri oleh 31 peserta dari 28 Negara dimana TNI AL mengirimkan 3 orang perwiranya sebagai perwakilan, mereka adalah Letkol Laut (P) Ario Sasongko, Mayor Laut (P) Wayan Mahardika dan Mayor Laut (P) Dimas Apriyanto.

Menilik laman Instagram pribadinya, terlihat Letkol Ario menyampaikan paparannya dengan  bahasa Jepang dengan topik Indonesia sebagai Negara Kepulauan, sedangkan Mayor Dimas menyampaikan paparan dengan topik Sekilas tentang TNI AL. Dari perbincangan dengan salah satu perwira JMSDF yang mendampingi rombongan tersebut, CDR Naoki Shirasaka, diketahui lebih lanjut bahwa ketiga perwira TNI AL tersebut dikenal ramah, santun dan selalu berpartisipasi aktif dalam menyampaikan pandangan dan analisanya di dalam setiap kegiatan sesi diskusi yang berlangsung.

Ditanya lebih jauh tentang kesannya mengikuti kegiatan ini, Letkol Ario menjawab: "Tujuan dari program ini adalah untuk membangun ikatan yang lebih kuat guna menumbuhkan sikap saling pengertian dan kerja sama militer di antara para peserta. Oleh karena itu, saya percaya pengetahuan dan pengalaman yang telah diperoleh pada kesempatan ini akan dapat menjadi landasan bagi kerja sama multilateral di masa depan. Saya pribadi berharap bahwa para perwira muda yang berpartisipasi dalam program ini akan memiliki kesempatan untuk bertemu lagi di masa depan, dan dapat bekerja sama untuk  keamanan maritim, demikian tegas Ario". (ays)

 

 

Nara Sumber: Letkol Laut (P) Ario Sasongko

Apa Reaksi Kamu?