(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ada Suku Manusia Stengah Siluman Lho

Oky
Oky

Ada Suku Manusia Stengah Siluman Lho sumber foto : istimewa

Winnetnews.com - Bagi penduduk pegunungan pesisir yang termasuk dalam area peta kehutanan wilayah Ponre,  Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, tidak aneh jika mendengar cerita tentang Suku Oni. Banyak yang pernah bertemu dan banyak pula yang pernah masuk ke dalam gua, tempat tinggal mereka.

Menurut sejumlah cerita, Suku Oni awalnya sangat baik dan ingin berbaur dengan penduduk desa Dekko. Zaman dulu, ada waktu jika orang ingin mengadakan pesta pernikahan, mereka selalu meminjam barang furnitur suku Oni, seperti piring dan mangkuk, tetapi tidak pernah dikembalikan, sehingga hubungan tidak berlanjut.

 Masalahnya adalah bahwa jika orang dipinjamkan, banyak yang tidak mengembalikan, karena pada umumnya terbuat dari emas yang berlapis . Ditambahkan lagi, sebenarnya orang mudah bergaul dengan suku tersebut, tetapi menjadi sulit karena suku Oni tidak pernah lagi terlihat, diduga mereka sudah tidak percaya lagi dengan masyarakat sekitar.

Suku Oni merupakan pribumi asli daratan Sulawesi Selatan terutama di Kabupaten Bone. Kabarnya, Suku Oni ini dahulunya digunakan sebagai sumber tenaga kerja pembangunan benteng, irigasi dan bangunan lainnya pada zaman kerajaan. 

Suku Oni sangat lincah dan kuat. Mereka juga dijadikan sebagai mata-mata oleh raja Bone Arung Palakka ketika perang melawan Sultan Hasanuddin raja Gowa dan Belanda.

Jika ingin bertemu dengan mereka, tidak boleh ada niat jahat atau bersikap tidak jujur. Ketika bertindak jahat, segera akan mendapatkan masalah. Siapa saja yang ingin mengunjungi suku Oni, harus menggunakan jasa seorang peramal dan dengan menggunakan bahasa isyarat.  

Bagi penduduk pegunungan pesisir yang termasuk dalam area peta kehutanan wilayah Ponre, tidak aneh jika mendengar cerita tentang Suku Oni.

 Menurut warga yang tinggal di sekitar desa Palettee meyakini bahwa suku Oni adalah makhluk setengah siluman. Tapi ada juga yang menganggapnya sebagai makhluk biasa mirip dengan manusia. 

Sekarang untuk memasuki lahan mereka saja pertama harus melalui persetujuan mereka. Seorang mediator juga harus mendampingi yang telah ditunjuk dan dipercaya oleh mereka. 

Jika mereka tidak setuju, maka tamu yang ingin mengunjungi akan ditolak. Para tamu yang ingin diterima harus jujur dan tidak punya niat jahat.

Mereka bisa menghindari diri dari orang-orang di luar suku Oni. Kalau mereka sudah menutup diri dengan orang-orang di luar mereka, maka kalaupun kita dekat dengan mereka, tetapi tampak sekedar berbelebat saja alias tidak jelas. 

Maka suku ini seperti dikatakan di atas, kerap disebut sebagai manusia setengah siluman. 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});