Ada Susu dari Ragi? Enak gak Nih?
Foto: Odditycentral

Ada Susu dari Ragi? Enak gak Nih?

Kamis, 11 Mei 2017 | 13:35 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Ternyata kita tidak lagi butuh sapi untuk menghasilkan susu sapi, kita bisa menyeduhnya dengan ragi, sama seperti bir.

Nah, sebenarnya sedikit lebih rumit dari itu, tapi begitulah sebuah perusahaan bernama Perfect Day menjelaskan dasar-dasar produk baru yang inovatif, sebuah "susu sintetis" yang terlihat dan terasa sangat mirip susu sapi.

Perfect Day didirikan oleh Ryan Pandya dan Perumal Gandh, dua ilmuwan muda yang memiliki latar belakang teknik biomedis. Tiga tahun yang lalu, seseorang sedang mengerjakan vaksin generasi berikutnya di Boston, dan yang lainnya bekerja di teknik jaringan, di New York.

Mereka berdua memiliki gagasan gila tentang membuat susu tanpa sapi. Mereka mulai mengerjakan sebuah cara untuk membuat mimpinya menjadi kenyataan.

image0

Vegan dan orang-orang yang tidak menyukai laktosa memiliki beberapa alternatif nabati, seperti susu kedelai dan susu almond, tapi jika kamu pernah mencobanya, kamu sudah tahu bahwa mereka tidak menyukai susu asli.

Dan itulah yang coba diciptakan Ryan dan Perumal, susu sintetis yang tidak berasal dari sapi tapi rasanya seperti itu dan memiliki semua nutrisi. Kedengarannya tidak mungkin, tapi keduanya mengatakan bahwa produk inovatif mereka bergantung pada teknologi yang telah ada untuk sementara waktu.

"Cara kita melakukannya adalah cara yang sama dengan protein yang dibuat untuk sejuta hal lainnya hari ini. Cara protein dibuat untuk obat-obatan dan multivitamin dan deterjen cucian - bahkan protein untuk membantu membersihkan noda dan barang - semuanya dibuat dengan cara yang sama." Pandya kepada VICE Munchies.

Membuat susu Perfect Day dimulai dengan ragi, tapi tidak sembarang ragi. "Ragi itu kami juluki 'Buttercup' karena ini bertingkah seperti sapi kami," kata Pandya. Pada dasarnya, mereka mengambil ragi kecil yang "membosankan, sangat dipelajari, sangat khas" dari Departemen Pertanian A.S. dan mengubahnya menjadi susu yang menghasilkan sapi dengan teknologi cetak 3D.

Apa yang mereka lakukan adalah mendapatkan cetak biru DNA sapi, dan menggunakan printer 3D untuk membuatnya menjadi laboratorium. Bahan itu kemudian memasukkan urutan DNA ini ke lokasi ragi tertentu agar membuatnya berfungsi sebagai sapi mereka. Sekarang, ketika ragi difermentasi seperti gula biasanya, itu membuat protein susu asli (kasein dan whey), yang kemudian dikombinasikan dengan lemak dan nutrisi nabati untuk menciptakan susu bebas laktosa.

"Tubuh kamutidak bisa membedakannya karena sama dalam segala hal," kata Ryan Pandya. Rasanya hampir persis sama, memiliki tekstur yang sama, namun tidak mengandung laktosa dan tidak berasal dari sapi sungguhan.

"Produk kami terbuat dari protein susu asli yang dikombinasikan dengan gula nabati (bebas laktosa), lemak tanaman sehat, vitamin, dan mineral," kata situs Perfect Day.

"Mereka memiliki rasa dan tekstur yang sama seperti susu sapi, namun mengemas lebih banyak nutrisi tanpa keamanan makanan atau masalah kontaminasi." tambahnya dalam situs tersebut.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...