Ada Teriakan “Allahu Akbar”, Penonton Joker di Bioskop Paris Lari Berhamburan

Sofia Citradewi
Sofia Citradewi

Ada Teriakan “Allahu Akbar”, Penonton Joker di Bioskop Paris Lari Berhamburan Courtesy of Warner Bros

Winnetnews.com - Pemutaran film Joker di sebuah bioskop di Paris, Prancis berakhir dalam kepanikan. Para penonton yang berada di dalam bioskop berlari keluar karena panik setelah terdengar teriakan “Allahu Akbar” dari salah seorang penonton yang ada di bioskop.

Insiden itu terjadi pada Minggu malam di bioskop Grand Rex, Paris. Film itu diputar sekitar pukul 21.30. Awalnya, penonton pria yang memicu kekacauan itu berteriak “itu politis” saat adegan tertentu di film Joker berlangsung, hingga para penonton lainnya meminta agar pria tersebut menutup mulutnya.

Foto: New York Times

Namun, bukannya diam, pria itu justru berdiri di kursinya seraya meletakkan tangannya di dada, dan berteriak “Allahu Akbar”. Sontak orang-orang menjadi panik.

Dilansir dari Sindonews.com (30/10) yang mengutip surat kabar Le Parisien, kepanikan semakin membesar saat orang-orang mulai membuat rumor bahwa pria itu memiliki senjata.

“Itu benar-benar panik. Orang-orang melompati kursi dan para wanita jatuh ke tanah di gang-gang,” kata seorang penonton bioskop bernama Victor kepada Le Parisien, yang dilansir Mirror.co.uk, Selasa (29/10).

Selama proses evakuasi, pria pemicu kekacauan itu sempat berhasil dijatuhkan ke tanah oleh penonton bioskop dan penjaga keamanan lainnya. Namun, dia berhasil melarikan diri. Meski begitu, ia berhasil dihadang polisi di luar area bioskop dan dia ditangkap.

Polisi lalu menggeledah pria berusia 34 tahun itu, namun tak ditemukan senjata mencurigakan. Dia merupakan warga Boulogne-Billancourt, pinggiran Paris. Setelah evakuasi, polisi dan pasukan penjinak bom menggeladah bioskop itu disertai anjing pelacak untuk membantu menemukan senjata atau bahan peledak. Namun tak ditemukan senjata macam apa pun di sana.

Manajemen bioskop mengatakan bahwa film yang dibintangi Joaquin Phoenix ini memang magnet bagi jenis penonton tertentu, terutama orang-orang yang menentang sistem.

 

Apa Reaksi Kamu?