Skip to main content

Ada "Tupai Vampir" di Hutan kalimantan

Ada Tupai Vampir di Hutan kalimantan
Ada Tupai Vampir di Hutan kalimantan

image0

Gambar Tupai Vampir langka dari kalimantan. Menurut cerita legenda penduduk setempat, tupai ini mampu menghisap darah kijang hingga mati. (Wingamers/wowkeren)

Jakrta, wingamers - Pulau Kalimantan adalah pulau terbesar ketiga di dunia yang terletak di sebelah utara Pulau Jawa dan di sebelah barat Pulau Sulawesi. Pulau Kalimantan dibagi menjadi wilayah Brunai, Indonesia (dua per tiga) dan Malaysia (sepertiga). Pulau Kalimantan terkenal dengan julukan "Pulau Seribu Sungai" karena banyaknya sungai yang mengalir di pulau ini.

Kawasan hutan di Kalimantan merupakan hutan hujannya menjadi surga bagi banyak makhluk hidup khas Indonesia. Banyak tumbuhan dan binatang langka yang hanya hidup dan berkembang biak di kawasan yang disebut Borneo itu.

Salah satu satwa unik endemik pulau kalimantan adalah Tupai Vampir. Disebut dengan tupai vampir karena tupai ini berbeda dengan tupai-tupai yang ada di dunia. Menurut legenda masyarakat setempat tupai ini suka meminum darah kijang. Tupai ini merupakan tupai dengan bulu ekor terlebat dari tupai-tupai yang ada.

Tupai yang memiliki nama lain Tupai Rheithrosciurus ini memiliki ekor 30 persen lebih lebat dari tubuhnya. Hewan ini dapat tumbuh hingga mencapai panjang maksimal 36 cm. Menurut masyarakat setempat tupai vampir ini mampu membunuh kijang, dengan cara menghisap darah kijang.

Menurut penduduk setempat, tupai ini melancarkan aksinya dengan cara meloncat dari atas pohon ke leher kijang (lalu dihisap dan terkadang sampai merobek leher kijang). Meskipun satwa asli Kalimantan, namun tupai ini jarang menampakan dirinya. Para peneliti hingga kini masih mencari kebenaran apakah tupai ini benar meminum darah atau tidak.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top