Adakah Dampak Foto Rontgen bagi Anak?
ilustrasi

Adakah Dampak Foto Rontgen bagi Anak?

Jumat, 3 Apr 2020 | 11:31 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Ketika anak sedang sakit atau terluka saat mengalami kecelakaan, tentu membutuhkan pemeriksaan medis secepat mungkin. Untuk memastikan apakah ada masalah pada organ tertentu atau cedera tulang, perlu dilakukan foto rontgen.

Beberapa orangtua mungkin bertanya-tanya, apakah efek rontgen bisa berdampak pada anak pada masa yang akan datang. Simak penjelasan di bawah untuk menjawab pertanyaan Anda.

Menjawab efek foto rontgen pada anak

image0

Foto rontgen atau X-ray berkaitan erat dengan radiasi. Namun, prosedur tersebut dibutuhkan untuk tujuan medis tertentu. 

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, rata-rata satu dari tiga orang mungkin berpotensi atau mengembangkan kanker dalam hidupnya. Namun, ketika tes foto rontgen sering dilakukan, bisa saja menjadi faktor risiko kanker pada anak di masa nanti.

Anak masih dalam masa pertumbuhan, sehingga mereka lebih sensitif terhadap sinar radiasi. 

Seorang radiolog Martha Hernanz-Schulman, MD, dari American College of Radiology’s Pediatric Imaging Commission mengatakan bahwa setiap orang, berapapun usianya, sejatinya tak boleh terpapar oleh radiasi.

Bila seorang anak perlu mendapatkan tes rontgen, radiasi yang digunakan pun relatif rendah. Berbeda dengan CT Scan, sinar radiasi yang diterapkan 200 kali lebih tinggi dibandingkan foto rontgen dada.

Bicara soal risiko, ada efek radiasi rontgen pada anak tapi hanya jarang kemungkinannya. Misalnya, risiko reaksi alergi terhadap bahan kontras iodine pada anak. Bahan kontras iodine biasanya disuntikkan ke dalam tubuh anak untuk menghasilkan penampakan foto yang lebih jelas.

Meskipun melibatkan radiasi dalam proses foto rontgen, tentu tim radiologi akan memberikan perlindungan dan menerapkan cara tepat untuk melakukan prosedur ini pada anak, sehingga meminimalkan risiko radiasi.

Ada cara yang bisa ditempuh orangtua untuk mengurangi efek radiasi foto rontgen pada anak. Simak pada penjabaran selanjutnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...