Adakah Dampak Minum Kopi Terhadap Diabetes?
ilustrasi

Adakah Dampak Minum Kopi Terhadap Diabetes?

Senin, 13 Jan 2020 | 07:09 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Sudah menjadi rahasia umum jika kopi termasuk dalam minuman yang paling digemari banyak orang. Tak hanya rasanya yang nikmat, kopi juga tinggi kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Bahkan, rutin mengonsumsinya disebut-sebut bisa menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 dengan signifikan.

Cara Kopi Menurunkan Risiko Diabetes

Sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard University dilakukan dengan melibatkan 100 ribu orang selama 20 tahun. Penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahap, tepatnya empat tahun sekali. 

Hasilnya adalah, mereka yang rutin minum kopi lebih dari satu gelas setiap hari memiliki risiko terkena diabetes tipe 2 lebih rendah 11 persen. Menariknya, mereka yang minum kopi dalam jumlah yang lebih sedikit, risiko terkena diabetes justru mengalami kenaikan hingga 17 persen.

Banyak orang yang menduga jika dampak ini disebabkan oleh adanya kafein di dalam kopi, namun para peneliti justru menyebut kafein justru bisa meningkatkan kadar gula darah dan insulin dalam waktu yang singkat. 

Meskipun begitu, para peneliti menyebut tubuh sepertinya bisa beradaptasi dengan keberadaan kafein dan kandungan antioksidan di dalam kopi sehingga justru bisa mendapatkan manfaat berupa terjaganya sensitivitas insulin dan kadar gula darah sehingga  menurunkan risiko diabetes.

Para peneliti juga menyebut tidak sembarang kopi bisa membantu kita menurunkan risiko diabetes. Jika kita mengonsumsi kopi dengan tambahan gula atau kopi sachetan yang biasanya secara alami sudah diberi gula tambahan, bisa jadi justru akan membuat risiko diabetes naik jika terlalu sering dikonsumsi. Sebaiknya kita mengonsumsi kopi hitam yang jauh lebih sehat tanpa tambahan gula.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...