Adakah Dampak Minum Pil KB Saat Hamil?
ilustrasi

Adakah Dampak Minum Pil KB Saat Hamil?

Rabu, 11 Mar 2020 | 06:15 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Apakah minum pil KB saat hamil bisa bahaya? Pil KB adalah salah satu metode pencegahan kehamilan yang umum digunakan. Namun jika Anda minum pil KB tetapi tidak menyadari bahwa sudah ada janin di dalam kandungan, apakah bisa memengaruhi perkembangan janin? Ketahui apa saja efek atau bahaya konsumsi pil KB saat hamil!

Dampak Minum Pil KB Saat Hamil

Jika Anda telah minum pil KB  dan baru mengetahui belakangan bahwa Anda hamil, salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan apakah hal ini menyebabkan keguguran atau kelahiran mati?

Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa Anda tidak perlu khawatir ketika minum pil KB saat hamil. Meski begitu, terdapat beberapa jenis alat kontrasepsi yang dapat menyebabkan komplikasi, tetapi menggunakan pil KB atau hormone delivery devices (seperti birth control patch (koyo KB) atau NuvaRing) relatif aman.

Meski masih terbilang aman, Anda juga harus mewaspadai bahwa konsumsi pil KB saat hamil dapat menimbulkan sejumlah gejala yang mirip dengan tanda-tanda hamil, di antaranya:

1. Jadwal Menstruasi Tidak Teratur

Konsumsi pil KB saat hamil dapat membuat siklus menstruasi Anda tidak teratur. Meski begitu, depresi, stres, dan beberapa faktor lain juga dapat membuat menstruasi tidak teratur. Oleh karena itu, ide yang terbaik adalah melakukan tes kehamilan untuk memastikan kondisi.

2. Mual

Seperti halnya tanda-tanda hamil, mual di pagi hari adalah sesuatu yang umum terjadi. Namun, konsumsi pil KB saat hamil juga dapat menyebabkan mual.

3. Nyeri di Payudara

Saat seorang wanita dinyatakan hamil, payudaranya bisa menjadi lebih sensitif saat disentuh. Kondisi yang sama juga bisa terjadi apabila Anda minum pil KB waktu hamil.

4. Kelelahan dan Sakit Kepala

Kelelahan adalah tanda-tanda kehamilan yang paling umum terjadi. Ternyata kelelahan dan sakit kepala juga bisa terjadi saat Anda minum pil KB saat hamil.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...