Adakah Hubungannya Diabetes Dengan Mengantuk Di Siang Hari ?

Adakah Hubungannya Diabetes Dengan Mengantuk Di Siang Hari ?

Wingamers – Kadang mengantuk sering dihubung-hubungkan dengan gejala gula darah tinggi. Tak heran ini juga menjadi tanda seseorang menderita diabetes. Tak hanya mengantuk, kebiasaan tidur siang yang panjang juga dikaitkan dengan peningkatan prevalensi diabetes tipe 2.

Melansir okezone, para dokter menemukan bahwa mereka yang merasa sangat mengantuk di siang hari memiliki risiko diabetes 56 persen lebih tinggi daripada mereka yang tidak. Sementara mereka yang tidur siang 60 menit atau lebih memiliki risiko 46 persen lebih tinggi mengalami kondisi tersebut dari yang tidur lebih cepat atau tidak tidur sama sekali.

Hubungan antara dua kondisi tersebut tanpa membuktikan sebab dan akibat. Namun, para peneliti mengatakan temuan mereka menunjukkan rasa kantuk yang berlebihan dan tidur siang yang panjang bisa menjadi sinyal peringatan diabetes tipe 2 sebagaimana studi yang akan disajikan di Asosiasi Eropa.

Dr Tomohide Yamada, mengatakan bahwa orang yang mengalami kondisi ini harus ke dokter agar gejala mereka dievaluasi. Beliau mencatat kemungkinan kausalitas terbalik, yang berarti orang yang sudah menderita kesehatan yang buruk mungkin lebih cenderung merasa mengantuk atau tidur siang lebih lama. Hasil analisis menunjukkan tidak ada hubungan yang merugikan antara tidur siang singkat sekitar 40 menit sehari dan diabetes tipe 2.