Adakah Kaitan antara Asma dan Stres?

Rusmanto
Rusmanto

Adakah Kaitan antara Asma dan Stres? ilustrasi
Winnetnews.com -  Asma adalah salah satu penyakit yang menyebabkan masalah pada pernapasan. Seseorang yang mengalami asma tidak bisa mengalami gangguan atau terkena alergen. Kalau sampai hal ini terjadi, jalan napas bisa mengalami gangguan seperti bengkak dan buntu. Selain alergen, asma juga bisa kambuh dan memunculkan tandanya kalau seseorang mengalami stres.

Mengapa stres bisa memicu inflamasi?

Stres bisa muncul karena banyak hal. Kalau Anda masih sekolah atau kuliah, mungkin masalah pekerjaan atau tugas bisa memicu stres kalau terlalu banyak dan memakan. Selanjutnya masalah di kantor juga bisa memicu stres, apalagi berhadapan dengan atasan yang terus memberikan beban dan susah dikerjakan dengan sempurna.

Stres akan memicu tubuh jadi tidak nyaman. Lambat laun stres juga bisa meningkatkan kortisol secara berlebihan. Dampaknya inflamasi yang terjadi di dalam tubuh akan semakin besar. Inflamasi akan memicu banyak penyakit termasuk gangguan asma yang muncul akibat inflamasi di saluran napas.

Kalau Anda lebih sering mengalami stres, kemungkinan asma kambuh akan besar. Begitu gejala stres muncul dan pikiran jadi tidak tenang, napas akan mulai mengalami gangguan. Napas yang terganggu bisa membuat Anda tidak nyaman. Apalagi kalau sedang bekerja. Gangguan napas bisa memecah konsentrasi.

Stres yang berlebihan akan memicu anxiety pada seseorang. Anxiety bisa memicu asma jauh lebih cepat dan akan sulit di atas kalau serangan asmanya muncul dengan cepat dan cukup kronis. Kalau seseorang bisa mengendalikan stres yang dimiliki, kemungkinan besar akan jarang mengalami kambuh atau serangan asma yang mendadak.

Apa Reaksi Kamu?