Adakah Kaitan Antara Diare dan Stres?

Rusmanto
Rusmanto

Adakah Kaitan Antara Diare dan Stres? ilustrasi
Winnetnews.com - Keinginan untuk langsung buang air besar di pagi hari sebenarnya wajar terjadi. Hanya saja, terkadang kita langsung mengalami diare saat baru bangun tidur. Banyak orang yang kemudian menganggap hal ini terkait dengan makanan yang dikonsumsi di malam sebelumnya, namun pakar kesehatan menyebut hal ini sepertinya terkait dengan stres.

Diare Terkait dengan Stres

Pakar kesehatan menyebut stres tak hanya memberikan dampak bagi kesehatan mental kita. Dalam realitanya, hampir semua bagian tubuh bisa mengalami dampak buruk akibat hal ini. Sebagai contoh, kita bisa mengalami gejala sulit berpikir, tegang pada otot, sensasi sesak pada dada, hingga menyebabkan gangguan pencernaan.

Khusus untuk masalah pada pencernaan, hal ini disebabkan oleh adanya komunikasi antara otak dan usus. Tak hanya membuat kita merasa lapar atau kenyang, hubungan di antara kedua organ ini juga bisa mempengaruhi fungsi pencernaan dengan signifikan. Hal ini berarti, jika kita mengalami gangguan emosi, besar kemungkinan fungsi usus juga akan ikut terganggu.

“Jika kita mengalami stres, tubuh akan membakar kalori dengan asam amino glutamin dengan cepat. Hal lini akan memproduksi GABA, sejenis pemancar saraf yang bisa melawan stres,” tulis situs Mindbodygreen.

Selain bisa menahan stres, GABA sebenarnya juga bisa memberikan perlindungan bagi usus. Hanya saja, hal ini juga bisa mempengaruhi kondisi mikrobioma di dalam usus. Hal inilah yang kemudian membuat kita mencret, khususnya di pagi hari setelah bangun tidur.

Melihat fakta ini, sebaiknya kita memang lebih baik dalam mengatasi stres. Tak hanya dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan, kita juga bisa melakukan meditasi, yoga, latihan pernapasan, dan lain-lain demi mengatasinya dan mencegah datangnya berbagai masalah kesehatan.

Apa Reaksi Kamu?