Adakah Kaitan Antara Kebiasaan Merokok dan Risiko Diabetes?
ilustrasi

Adakah Kaitan Antara Kebiasaan Merokok dan Risiko Diabetes?

Selasa, 7 Jan 2020 | 16:39 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Sudah menjadi rahasia umum jika merokok bisa menyebabkan banyak sekali dampak buruk bagi kesehatan. Hanya saja, apakah benar jika kebiasaan merokok juga bisa meningkatkan risiko diabetes?

Kaitan Antara Rokok dan Diabetes

Jika kita berbicara tentang penyebab diabetes, maka hal pertama yang akan terpikirkan adalah pola makan yang buruk. Dalam realitanya, pola makan yang tinggi kalori atau yang tinggi gula memang bisa menyebabkan datangnya masalah kesehatan ini. Hal ini disebabkan oleh terganggunya sensitivitas insulin di dalam tubuh sehingga kadar gula darah tak lagi bisa dikendalikan.

Masalahnya adalah, merokok ternyata juga bisa menyebabkan dampak yang sama. Kemampuan kandungan beracun di dalamnya dalam memicu berbagai kerusakan di dalam tubuh ternyata juga bisa merusak sensitivitas insulin di dalam pankreas. Jika sampai tubuh mengalami resistensi insulin, maka akan muncul diabetes tipe dua yang bisa menyebabkan datangnya berbagai macam komplikasi hingga menyebabkan kematian.

Pakar kesehatan menyebut perokok aktif memiliki risiko lebih besar untuk terkena diabetes 30 hingga 40 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok. Jenis diabetes yang bisa menyerang mereka adalah diabetes tipe 2.

Penelitian juga membuktikan bahwa para perokok cenderung rentan mengalami penumpukan lemak visceral di dalam tubuh. Lemak ini tak hanya menyebabkan perut buncit atau obesitas. Dalam realitanya, lemak perut akan menyelubungi organ dalam, termasuk pankreas sehingga membuat fungsinya dalam mengendalikan kadar gula darah semakin menurun.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...