Adakah Kaitan antara Menopause dan Ruam pada Kulit?
ilustrasi

Adakah Kaitan antara Menopause dan Ruam pada Kulit?

Kamis, 11 Jun 2020 | 12:24 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Menopause pasti akan terjadi pada semua wanita yang sudah memasuki usia lanjut. Selain waktunya yang berbeda-beda pada setiap orang, menopause juga dapat menimbulkan gejala yang berbeda-beda pula. Salah satu yang kerap dialami oleh para wanita saat menjelang menopause adalah munculnya ruam merah pada kulit. Lantas, apakah ruam merah yang muncul benar-benar disebabkan oleh menopause?

Bisakah menopause menyebabkan ruam merah?

image0

Memang, menjelang menopause, salah satu perubahannya bagi para wanita yang paling terlihat adalah keadaan kulit Anda.

Namun, ternyata belum ditemukan bukti secara pasti bahwa menopause menjadi faktor utama yang menyebabkan munculnya ruam merah pada kulit. Meski demikian, perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh mungkin dapat menjadi pengaruh yang membuat Anda mengalami gejala ini.

Wanita memiliki hormon utama bernama estrogen yang berfungsi untuk mendukung perkembangan organ reproduktif serta menjaganya agar tetap sehat. Hormon estrogen juga membantu mempertahankan kulit supaya tetap elastis dan terlihat muda.

Ketika wanita memasuki masa menopause, tubuh akan mengalami pengurangan jumlah estrogen. Menurunnya estrogen inilah yang dapat menimbulkan hot flash, yaitu sebuah keadaan di mana seseorang merasakan sensasi kepanasan hebat dari dalam tubuh.

Fenomena tersebut pun membuat wanita menjadi lebih sensitif terhadap perubahan suhu, terutama panas. Hasilnya, muncullah rona atau ruam merah pada kulit sebagai reaksi atas rasa panas.

Selain itu, kulit seseorang semakin tua akan semakin menipis. Hal ini membuat kulit menjadi lebih berisiko mengalami robek dan memar. Hilangnya estrogen juga dapat menyebabkan kulit kering yang membuatnya lebih sensitif terhadap iritasi.

Ruam yang muncul juga bisa saja terjadi karena adanya alergi terhadap sabun muka yang Anda gunakan, gatal-gatal karena stres, atau kondisi medis yang lainnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...