Adik Pelaku Bom Bunuh Diri di Manchester Ikut Ditangkap
Foto: Salman Abedi/ CNN

Adik Pelaku Bom Bunuh Diri di Manchester Ikut Ditangkap

Sabtu, 27 Mei 2017 | 05:09 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Pihak berwenang Inggris mencoba untuk menahan jaringan yang dipercaya berada di balik serangan Manchester, sebuah bom bunuh diri yang dilakukan Salman Abedi.

Pelaku dilaporkan berbicara kepada saudaranya di Libya hanya 15 menit sebelum dia meledakkan bahan peledaknya.

"Kami menindaklanjuti jaringan, menggulirnya, mencoba menahannya. Manchester pada hari Jumat. Pada akhirnya, kalian sampai di bagian bawah jaringan." kata Menteri Keamanan Inggris Ben Wallace kepada CNN .

Juru bicara Pasukan Detektif Khusus di Tripoli mengatakan bahwa telah menangkap adik laki-laki Salman Abedi, Hashim Ramadan Abu Qassem al-Abedi, di Libya, Kamis.

Saudara laki-laki tersebut berbicara di telepon beberapa menit sebelum serangan di sebuah konser di Manchester Arena, kata Ben Salem, namun Hashim mengatakan kepada interogator Libya bahwa dia tidak mengetahui rincian tentang di mana dan kapan ledakan itu terjadi.

Pasukan Pencegah Khusus di Tripoli, seorang milisi yang berada di bawah kendali kementerian dalam negeri Libya, menangkap Hasyim al-Abedi sehari kemudian karena mencurigai adanya hubungan dengan ISIS. Milisi tersebut juga menangkap ayah saudara laki-laki tersebut, Ramadan al-Abedi.

Penyidik terus melacak rekan-rekan Abedi, seorang keturunan Inggris berusia 21 tahun keturunan Libya, yang menjadi bagian dari jaringan yang merencanakan kekacauan lebih lanjut.

Pada hari Jumat, pihak berwenang menahan seorang pria dari lingkungan Rusholme di Manchester, sehingga jumlah orang yang ditahan sampai 11. Dua orang telah dibebaskan tanpa dikenai biaya, kata polisi Greater Manchester.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...