Agar BAB Selalu Rutin Setiap Pagi???

Agar BAB Selalu Rutin Setiap Pagi???

 Berikut adalah beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk membuat rutinitas "ke belakang" lebih lancar, terutama jika Anda harus melakukan aktivitas yang jauh dari toilet setelahnya.

- Minum kopi

Banyak orang yang memilih strategi minum kopi di pagi hari untuk melancarkan BAB-nya. Sebenarnya selain kopi semua minuman hangat bisa membantu merangsang pergerakan usus sehingga perut menjadi mulas. Minuman hangat bisa berperan seperti vasodilator, ia melebarkan pembuluh darah di sistem pencernaan dan meningkatkan aliran darah serta aktivitas usus.

- Bergerak

Aktivitas fisik sangat penting untuk mencegah sembelit. Para pelari biasanya melakukan pemanasan setelah bangun tidur untuk merangsang gerakan usus sehingga mereka bisa ke toilet sebelum mengikuti kompetisi lari.

- Bangun lebih pagi

Jika Anda memiliki aktivitas penting di pagi hari, misalnya harus mengejar pesawat pagi atau ada presentasi penting, bangunlah lebih awal sehingga seluruh rutinitas pagi bisa dilakukan, termasuk BAB.

- Pijatan

Penelitian menunjukkan, pijatan lembut di bagian perineum, area antara organ genital dan anus, bisa membantu memecah dan melembutkan tinja untuk orang yang sering mengalami sembelit.