(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Agar Berat Badan Tidak Bertambah di Akhir Tahun, Ini Caranya

Muchdi
Muchdi

Agar Berat Badan Tidak Bertambah di Akhir Tahun, Ini Caranya ilustrasi Beragam kue dan hidangan tahun baru bisa cukup menggoda ( Photo Istock)

WinNetNews.com - Natal dan akhir tahun 2018 sudah semakin dekat, ajakan pesta makan-makan juga mungkin sudah mulai berdatangan. Di tengah hidangan yang menggoda selera bagaimana caranya menjaga berat badan kita tidak bertambah di luar kendali?

Menurut studi terbaru yang dipublikasi dalam jurnal BMJ satu cara sederhana yang bisa dilakukan orang-orang adalah dengan melakukan penimbangan berat badan rutin setiap hari. Menurut pemimpin studi Frances Mason hal ini bertujuan untuk menimbulkan kesadaran, mempertahankan kemampuan kendali diri.

Dikutip dari situs detikHealth dari laman BBC, dikutip Sabtu (15/12/2018 ), "Studi menunjukkan orang cenderung meremehkan asupan kalorinya dan melebih-lebihkan pengeluarannya. Inilah kenapa memonitor diri sendiri menjadi strategi yang efektif untuk menjaga berat badan," kata Frances.

Untuk membuktikannya Frances melakukan eksperimen pada 272 responden yang dibagi dalam dua kelompok. Satu kelompok diminta untuk menimbang berat badannya secara rutin sementara kelompok lain tidak selama delapan minggu pada periode akhir tahun 2016-2017.

Hasilnya diketahui bahwa kelompok yang menimbang berat badannya rutin minimal dua minggu sekali rata-rata memiliki berat badan lebih ringan 0,49 kilogram (kg) dibandingkan kelompok yang tidak menimbang berat badan.

"Biasanya orang rata-rata bertambah satu kilogram. Seringnya pertambahan berat badan ini terjadi saat Natal dan tidak pernah benar-benar bisa diluruhkan. Ini bisa jadi faktor yang mendorong epidemi obesitas," kata Frances.

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});