Agar Gigi Lebih Putih dan Sehat, Ini Loh 5 Tipsnya

Muchdi
Muchdi

Agar Gigi Lebih Putih dan Sehat, Ini Loh 5 Tipsnya Ilustrasi gigi putih ( Photo Thinkstock )

Winnetnews.com - Ingin tersenyum lebar tapi rasanya enggak pede karena deretan gigi yang tampak kuning. Veneer gigi memang cara paling mudah untuk memutihkan gigi, tapi biayanya itu lho.

Seperti dikutip dari situs detikHealth dari laman Reader's Digest  dan sumber lainnya, Selasa (5/2/2019), yuk… coba dulu langkah-langkah sederhana  ini dijamin gigi tak hanya tampak lebih putih tapi juga semakin sehat.

  1. Kenali makanan yang buat gigi kuning

    "Penting untuk membatasi minuman yang dapat meninggalkan noda di gigi seperti teh, kopi, dan soda agar gigi tetap putih. Menurut peneliti, jika minuman atau makanan dapat menempel di baju putih Anda dan membuat bercak, maka dapat menempel dan membekas juga di gigi," ujar drg G.A.P Langgeng Sari dari RS Mayapada Jakarta, beberapa waktu lalu.

    Karena itu, jangan lupa untuk menyikat gigimu setelah mengonsumsi makanan yang dapat meninggalkan noda pada gigi atau gunakan media sedotan saat menenggak minuman tersebut.

  2. Perhatikan cara sikat gigi yang baik

    Menurut dokter gigi Beverly Hills, Harold Katz, D.D.S., cara terbaik untuk menyikat gigi adalah dengan menempatkan sikat gigi pada sudut 45 derajat terhadap gusi. Gerakkan dengan lembut dan melingkar, bukan mundur dan maju. Pegang sikat gigi seperti pensil agar kamu tidak menggosok terlalu keras.

    Kathleen W. Wilson, M.D., internis di Ochsner Health Center di New Orleans menyatakan ada dua waktu paling krusial untuk menyikat gigi yaitu sikat gigi pada waktu saat kamu bangun tidur dan saat akan masuk waktu tidur. Itu karena air liur mengering di malam hari, jadi sebaiknya semua plak dibersihkan dari gigi sebelum tidur.

  3. Bersihkan lidah juga ya

    Kalau menyikat gigi jangan hanya menggosok deretan gigimu saja, tapi pastikan juga kamu telah membersihkan lidahmu. Gunakan penggosok lidah di setiap paginya untuk menghilangkan plak pada lidah guna menyegarkan napasmu. Sebab, salah satu penyebab utama bau mulut adalah penumpukan bakteri di lidah.

    "Menggunakan scraper lidah lebih efektif daripada menyikat lidahmu dengan sikat gigi," kata Dr Katz.

  4. Makan makanan yang buat gigi putih

    Asam malat merupakan salah satu zat alami yang banyak digunakan sebagai cara memutihkan gigi secara alami. Jus apel hijau yang banyak mengandung asam malat merupakan salah satu yang sering digunakan. Buah lain yang mengandung asam malat salah satunya adalah stroberi. Pilihan lainnya adalah wortel mentah, seledri, dan popcorn.

  5. Serat adalah sahabat terbaik

    "Makanan yang banyak mengandung serat akan meningkatkan produksi saliva, yang dapat menghilangkan gula dan zat lain yang merusak gigi. Perhatikan juga asupan makanan yang tinggi asam sitrat seperti jeruk, lemon, tomat, dan buah beri untuk mencegah kerusakan enamel," jelas drg Sari. Karena itu, jangan malas ya untuk memenuhi kebutuhan serat harianmu biar punya tubuh yang sehat tapi juga gigi putih cemerlang. Ting!



Apa Reaksi Kamu?