Agar Hidup Tetap Sehat, Ini Cara Kontrol Gula Darah

Rusmanto
Rusmanto

Agar Hidup Tetap Sehat, Ini Cara Kontrol Gula Darah ilustrasi
Winnetnews.com - Mengontrol diabetes mungkin membutuhkan perjuangan. Namun, hasil dari upaya ini tentu akan sepadan pada kesehatan Anda. Lebih jauh lagi, risiko Anda terkena berbagai komplikasi diabetes seperti serangan jantung, stroke, gagal ginjal, bahkan kebutaan juga akan menurun.

Pada dasarnya, kunci utama cara mengontrol diabetes adalah dengan menjaga kadar gula darah dalam batas normal. Meski kedengarannya sulit, tetapi ada langkah-langkah sederhana yang bisa Anda ikuti. Apa saja?

Beragam cara mengontrol diabetes yang harus Anda ketahui

1. Rajin cek gula darah

Cara mengontrol diabetes paling pertama yang wajib Anda lakukan adalah rajin cek gula darah. Cek gula darah dilakukan sebagai upaya pemantauan jika kadar gula darah dalam tubuh Anda berada dalam batas normal. Selain itu, hal ini juga dapat membantu Anda menentukan perlu tidaknya melakukan penyesuaian pada makanan dan obat yang Anda konsumsi sehari-hari.

Rutinlah cek gula darah Anda setiap hari. Tidak perlu repot-repot pergi ke dokter untuk cek gula darah. Pasalnya Anda bisa melakukannya sendiri di rumah menggunakan glucose meter yang sudah banyak dijual di pasaran. Namun, pastikan Anda sudah paham cara menggunakan alat tersebut.

2. Konsisten terapkan pola makan sehat

Pola makan sehat memainkan peranan penting sebagai cara mengontrol diabetes. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengurangi jumlah garam dan natrium yang Anda konsumi. Hindari makanan berlemak tinggi dan makanan olahan serta kemasan. Kurangi semua jenis makanan dan minuman manis. Sesekali makan makanan manis boleh saja, asal makanlah dengan porsi yang kecil.

Yang tak kalah penting, ganti gula Anda dengan pemanis yang rendah kalori. Pilihlah karbohidrat yang memiliki indeks glikemik yang relatif rendah.

Meski akan terasa sulit, namun janganlah mudah menyerah. Lakukan secara bertahap dan buatlah kebiasaan makan yang paling mudah untuk Anda jalani. Bila perlu, konsultasikan ke dokter atau ahli gizi di rumah sakit terdekat. Ahli gizi nantinya akan membantu Anda untuk menyusun pola makan sehat yang sesuai dengan kondisi Anda.

Apa Reaksi Kamu?