Agar Kepala Tidak Terbakar Matahari, Ini Tips untuk Pilih Sunscreen

Rusmanto
Rusmanto

Agar Kepala Tidak Terbakar Matahari, Ini Tips untuk Pilih Sunscreen ilustrasi

Winnetnews.com -  Tak hanya kulit wajah dan badan yang butuh dilindungi dari sinar matahari. Kulit kepala juga. Caranya pun sama; dengan pakai sunscreen tapi yang khusus untuk kulit kepala. Apa bedanya dan bagaimana cara memilihnya?

Penting pakai sunscreen untuk kulit kepala

Menjaga kesehatan kulit kepala sama pentingnya dengan kulit tubuh. Menurut Irene Gladstein, MD., seorang dokter bedah plastik di New York, kulit kepala juga rentan terhadap sengatan matahari.

Dilansir dari laman American Cancer Society, paparan sinar matahari adalah salah satu faktor utama penyebab kanker kulit, khususnya kanker kulit sel basal dan skuamosa.

Sayangnya, banyak orang justru tak sadar bahwa kulit kepala juga perlu dijaga dari paparan sinar matahari. Padahal bukan hanya kulit tubuh saja, kulit kepala pun turut berisiko ditumbuhi sel kanker.

Selain meningkatkan risiko kanker, bahaya sinar matahari lainnya yaitu bisa menyebabkan rambut rontok dan rusak. Hal ini terjadi terutama ketika kulit kepala terbakar sinar matahari sehingga membuat folikel rambut rusak.

Berbagai alasan inilah yang menjadi alasan mengapa menjaga kesehatan kulit kepala dari sinar UV sama pentingnya dengan kulit tubuh serta wajah.

Tips memilih sunscreen yang tepat untuk kulit kepala

Sebelum memilih sunscreen untuk kulit kepala, pertimbangkan berbagai hal penting berikut seperti:

1. Pilih yang SPF-nya minimal 30

Sun protection factor atau SPF adalah penentu seberapa lama Anda bisa berada di bawah sinar matahari tanpa terbakar saat memakai produk tersebut. Sebagai contoh, produk dengan SPF 15 membuat Anda memiliki waktu 15 kali lipat lebih lama dari yang seharusnya sebelum kulit akhirnya terbakar.

Dilansir dari Skin Cancer Foundation, idealnya gunakan produk sunscreen atau sunblock dengan SPF 30 untuk kulit tubuh, wajah, dan kulit kepala. Selain itu, usahakan untuk memilih sunscreen yang tahan air termasuk keringat terlebih jika Anda sering berkegiatan di bawah terik sinar matahari.

2. Sesuaikan dengan jenis rambut

Sebelum memilih tabir surya untuk kulit kepala, kenali dulu tipe rambut Anda. Apakah tipis, tebal, atau bahkan botak. Hal ini nantinya akan dijadikan acuan untuk memilih produk yang tepat.

Untuk tipe rambut yang tebal misalnya, pilihlah tabir surya dengan tekstur cair agar mudah menyerap dan tidak membuat kulit kepala berminyak. Sementara untuk rambut yang tipis atau botak, bisa menggunakan tabir surya dengan tekstur krim yang lebih pekat.

Apa Reaksi Kamu?