Skip to main content

Agar Lebih Produktif di Kantor? Ini Loh Tipsnya

Agar Lebih Produktif di Kantor Ini Loh Tipsnya

WinNetNews.com - Sebagian waktu kita di kantor sering kali tak digunakan untuk benar-benar bekerja. Ada banyak interupsi, baik yang disengaja maupun tidak. Segala jenis interupsi, seperti mengobrol dengan rekan, membuat kopi, surfing ke situs internet berita atau gosip, lalu kebingungan mencari file pekerjaan terakhir yang lupa Anda simpan pada akhirnya menyita waktu produktif di kantor.

Dikutip dari Karir.com, Jakarta, Sabtu (12/11/2016), berikut beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk menjadikan waktu kerja Anda lebih produktif.

- Rencanakan apa yang ingin Anda lakukan

Buatlah rencana apa yang akan Anda kerjakan dalam 1 hingga 2 jam kedepan. Prioritaskan rencana pada pekerjaan yang memiliki tenggat waktu (deadline) terdekat. Kemudian, fokus pada rencana tersebut dan jauhi kegiatan-kegiatan yang mengganggu konsentrasi, misalnya tidak membuka aplikasi chatting atau membuat kopi bersama rekan-rekan lain di pantry .

- Pastikan meja dan perangkat kerja rapi

Meja yang kotor atau penuh dengan file menumpuk cenderung akan membuat Anda lebih malas menyelesaikan pekerjaan. Selain itu, mencari berkas pekerjaan Anda tentu akan lebih sulit dan membuang waktu bila laci tak tertata rapi. Rapikan meja kerja dan susun benda dalam laci dengan baik sehingga Anda tak perlu kebingungan dan kehilangan waktu saat mencari file tertentu yang tertumpuk bersama berkas pekerjaan lain.

- Selesaikan pekerjaan hingga tuntas

Usahakan untuk menyelesaikan pekerjaan yang telah Anda mulai di hari yang sama, sehingga tak ada pekerjaan menumpuk di hari berikutnya. Menumpuknya pekerjaan akan membuat waktu kerja Anda tidak produktif karena dihabiskan untuk tugas yang sama selama berhari-hari meski banyak tugas lain yang juga telah menunggu untuk diselesaikan.

-Serius namun tetap santai

Untuk berhasil menggunakan waktu kerja seproduktif mungkin, perlu keseriusan dari diri sendiri terhadap pekerjaan yang dijalani. Bersikap konsisten terhadap tekad Anda untuk bekerja dengan maksimal akan menjaga konsentrasi kerja Anda sehingga tak mudah terbagi dengan hal-hal lain. Dan, tetaplah santai menikmati pekerjaan. Sesekali, selingi aktivitas kerja dengan makanan ringan favorit sambil mendengarkan musik pilihan agar tetap rileks dan terhindar dari stres.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top