Agar Mandinya Bersih, Ini Cara Bersihkan Dibagian yang Sulit Dijangkau
ilustrasi

Agar Mandinya Bersih, Ini Cara Bersihkan Dibagian yang Sulit Dijangkau

Rabu, 24 Jul 2019 | 18:15 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Ketika mandi, tentu Anda ingin semua bagian tubuh bersih supaya tidak ada kotoran yang tertinggal. Namun, sayangnya ada beberapa bagian tubuh yang susah diraih dan akhirnya tidak benar-benar bersih saat mandi. Bahkan, Anda mungkin tanpa sadar membiarkan bagian tersebut tetap kotor. Lalu, bagaimana sih cara yang tepat untuk membersihkan bagian tubuh yang sulit diraih?

Tips membersihkan bagian tubuh yang sulit diraih

Membiarkan beberapa area tubuh tidak dibersihkan dengan tuntas bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. Maka itu, Anda harus memastikan bahwa semua bagian tubuh sudah bersih ketika mandi. Nah, bagi Anda yang kesulitan menjangkau beberapa bagian tubuh tertentu, Anda bisa menggunakan trik berikut ini.

1. Membersihkan area pantat

image0

Tidak jarang saat membersihkan bagian tubuh yang sulit diraih ini, Anda hanya membasahinya saja dengan air. Padahal area ini juga penting untuk dibersihkan setiap hari.

Sering kali Anda mungkin hanya membersihkannya dengan tisu setelah buang air di toilet. Namun, menggunakan tisu, apalagi tisu kering, tidak cukup membersihkan area ini. Artinya, jika Anda hanya membersihkannya dengan tisu kering, pantat Anda mungkin saja masih dalam keadaan kotor.

Jika pantat Anda dibiarkan kotor, kuman dan bakteri yang berasal dari feses atau tinja akan bersarang di pantat Anda. Hal ini dapat menimbulkan masalah kulit seperti abses kulit, misalnya.

Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan tisu basah yang lembut dengan bahan yang aman. Menurut Dr. Joel Krachman, seorang ahli gastroenterologi, tidak ada cara khusus untuk membersihkan pantat menggunakan tisu. Hanya jangan menggosoknya terlalu cepat dan kasar karena dapat melukai kulit pada area tersebut.

Saat mandi, bersihkan pantat menggunakan handuk khusus yang sudah dibasahi dengan air sabun. Lalu gosok perlahan pada area tersebut hingga bersih. Lakukan setiap hari saat Anda sedang mandi.

2. Membersihkan punggung

Punggung adalah area tubuh yang mungkin paling jarang Anda bersihkan karena sulit  dijangkau dengan tangan kosong. Padahal, punggung adalah area yang rawan untuk timbul jerawat.

Jerawat yang muncul di area punggung terjadi karena sisa-sisa keringat yang tidak dibersihkan. Jika dibiarkan, jerawat yang muncul akan bertambah banyak.

Memang, membersihkan punggung memang bukan perkara mudah. Apalagi, Anda harus berusaha ekstra keras membersihkan seluruh bagian punggung Anda.

Nah, untuk mempermudah Anda bisa menggunakan alat bantuan seperti alat penggosok punggung untuk membersihkan kuman dan bakteri yang menempel di punggung.

Pilihlah alat dengan gagang yang panjang, sehingga memudahkan Anda menggosok seluruh bagian tubuh yang paling sulit diraih ini. Cari alat penggosok dengan bahan yang lembut sehingga tidak akan melukai kulit di area sekitar punggung.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...