Agar Mata Tetap Sehat Meski Bekerja dari Rumah? Ini Tipsnya

Muchdi

Dipublikasikan 2 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Agar Mata Tetap Sehat Meski Bekerja dari Rumah? Ini Tipsnya
Ilustrasi kerja di rumah ( unsplash.com/Christinhumephoto )

Winnetnews.com -  Work from home alias kerja dari rumah memang terdengar menyenangkan. Kapan lagi bekerja tanpa harus berdandan formal?

Namun, Anda tak bisa terlena begitu saja. Kenyataannya bekerja dari rumah justru membuat seseorang lebih lama berkontak dengan gawai. Dengan kata lain, waktu menatap layar akan lebih lama dibandingkan sebelumnya.

Kondisi ini pun memicu masalah pada mata. Mata kering, gatal, sakit kepala di sekitar mata, hingga mata kemerahan jadi sederet masalah yang bisa timbul.

Agar mata tetap sehat meski bekerja dari rumah, ikuti beberapa tips berikut, melansir Boldsky.

- Ambil jeda

Kerja dalam jangka waktu panjang bisa mengakibatkan rasa sakit pada mata, leher, dan pundak. Sebaiknya ambil jeda sejenak secara berkala.

Istirahat selama 4-5 menit bisa membantu membuat mata rileks dan mengurangi rasa tidak nyaman. Alih-alih mengganggu produktivitas, cara ini justru akan membantu Anda tetap fokus.

- Sesuaikan pencahayaan

Pencahayaan di kantor umumnya telah diatur sesuai kebutuhan kerja. Sedangkan di rumah, Anda hanya menggunakan pencahayaan apa adanya.

Cahaya yang terlalu terang bisa membuat mata tegang sehingga menimbulkan rasa sakit. Hal yang sama juga berlaku bagi cahaya yang terlalu redup.

- Posisi layar

Tak bisa dimungkiri, kerja dari rumah membuat Anda bebas bekerja di manapun termasuk di sofa bahkan kasur. Namun, demi mencegah masalah pada mata, sebaiknya tempatkan laptop sekitar 30 derajat di bawah garis lurus mata (eye level).

Trik ini akan menurunkan tekanan pada mata juga mencegah leher dan pundak di posisi membungkuk dalam waktu lama.

- Filter layar

Gunakan filter cahaya pada layar komputer atau laptop untuk membantu mengatur intensitas cahaya. Ketika cahaya monitor dan cahaya lingkungan kurang sesuai, mata jadi tidak nyaman.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...