Agar Pikiran Tenang dan Jauh dari Stres, Ini 7 Tipsnya
Ilustrasi stres ( Photo iStock/BrianAJackson)

Agar Pikiran Tenang dan Jauh dari Stres, Ini 7 Tipsnya

Sabtu, 27 Jul 2019 | 13:47 | Muchdi

Winnetnews.com -  Tidak tenang, gugup, dan panik merupakan perasaan yang wajar dialami semua orang dan bisa diatasi dengan memahami cara menenangkan pikiran. Pemicunya bermacam-macam, misalnya menjelang presentasi, wawancara kerja, menunggu hasil tes, berkenalan dengan orang baru, dan sebagainya.

Meski cemas dianggap biasa, namun jangan biarkan perasaan itu muncul berlarut-larut sebab bisa menurunkan semangat dan kepercayaan diri. Tentu kalau sudah begitu performansi dan produktivitas bakal terganggu.

Ketika kepanikan melanda, mungkin rasanya akan susah untuk meredakan atau mengontrol emosi. Padahal sebenarnya Anda bisa mengendalikan perasaan tidak tenang dengan cara yang cukup efektif.

Kuncinya hanya dengan membiasakan diri memusatkan perhatian pada hal yang positif agar pikiran menjadi tenang. Dengan pikiran yang tenang dijamin bisa mengurangi stres dan cemas.

Berikut adalah beberapa tips agar bisa menenangkan pikiran di segala kondisi, dikutip dari beberapa sumber.

1. Jangan nethink (negative thinking)

Cobalah untuk menganggap bahwa segala kecemasan itu sebagai persepsi saja, bukan fakta. Sebenarnya ketika cemas, pikiran sedang berusaha melindungi diri dengan memprediksi kemungkinan-kemungkinan yang mungkin saja terjadi.

Namun hanya karena sesuatu bisa terjadi, tidak berarti kecemasan itu akan mewujud nyata. Tetaplah berpikiran positif supaya tetap fokus dan optimistis.

2. Berhenti tenggelam dalam pikiran yang kacau

Saat dilanda cemas, pikiran negatif yang muncul dalam benak akan mengacaukan pikiran. Usahakan untuk mencoba mengalihkan perhatian dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan, seperti mendengarkan musik favorit, berlibur, membaca buku, memasak, atau menyalurkan hobi lainnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...