Agar Tertidur dengan Cepat dan Nyenyak, Ini Tips Sederhananya
ilustrasi tidur nyenyak ( Photo doktersehat.com )

Agar Tertidur dengan Cepat dan Nyenyak, Ini Tips Sederhananya

Minggu, 17 Mei 2020 | 14:28 | Muchdi

Winnetnews.com -  Tak semua orang dapat tertidur dengan mudah dan cepat. Beberapa orang melaporkan sulitnya tertidur, apalagi di tengah situasi tak menentu seperti pandemi Covid-19 saat ini. Beberapa tips sederhana dapat membantu Anda tertidur dengan cepat.

Segudang manfaat didapat dari tidur yang berkualitas. Selain membuat Anda merasa lebih baik di keesokan harinya, membiarkan tubuh beristirahat dengan nyenyak juga membantu semua organ tubuh kembali berfungsi dengan baik.

Kualitas tidur yang buruk hanya akan memberikan efek negatif pada organ-organ tubuh Anda, termasuk di antara memengaruhi suasana hati, berbagai fungsi biologis, dan meningkatkan risiko penyakit.

Tertidur dengan cepat sebenarnya bukan perkara sulit. Ada banyak strategi yang bisa dilakukan agar Anda tidur cepat.

Mengutip Healthline, berikut beberapa cara sederhana yang bisa membantu Anda tertidur lebih cepat.

- Turunkan suhu udara dalam kamar

Suhu tubuh Anda akan berubah saat tertidur. Suhu udara kamar yang terlalu hangat atau panas hanya akan membuat Anda sulit tertidur.

Umumnya, banyak orang nyaman tertidur dalam suhu udara kamar sekitar 15-23 derajat Celcius. Namun, preferensi setiap individu akan bervariasi. Temukan suhu yang paling cocok untuk Anda.

Anda bisa menggunakan air conditioner (AC) atau alat pengatur suhu lainnya.

Jika tak ada AC, Anda juga bisa mengakalinya dengan mandi sebelum tidur. Mandi bisa mempercepat perubahan suhu tubuh. Suhu tubuh yang dingin setelah mandi dapat membantu mengirim sinyal ke otak untuk tertidur.

- Lakukan metode pernapasan 4-7-8

Metode 4-7-8 merupakan teknik pernapasan sederhana yang kuat dalam memberikan ketenangan dan perasaan rileks. Metode ini juga membantu tubuh rileks sebelum tidur.

Metode pernapasan ini bekerja dengan melemaskan sistem saraf. Tak hanya untuk tidur, metode ini juga bisa Anda gunakan saat merasa cemas dan stres.

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

  • Tutup mulut dan tarik napas perlahan melalui hidung selama 4 hitungan.
  • Tahan napas selama 7 hitungan.
  • Buka mulut dan buang napas hingga menimbulkan suara mendesing selama 8 hitungan.
  • Ulangi siklus tersebut minimal hingga tiga kali atau hingga Anda merasa nyaman.

- Bentuk siklus tidur yang rutin

Banyak penelitian menemukan, jadwal tidur yang rutin membantu seseorang lebih mudah tertidur.

Bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari dapat membantu jam internal tubuh (ritme sirkadian) untuk menjaga jadwal tidur rutin. Setelah tubuh menyesuaikan diri dengan jadwal tersebut, Anda dengan sendirinya akan lebih mudah tertidur pada waktu yang sama.

Jangan lupa untuk memberi waktu selama 30-60 menit untuk bersantai sebelum tidur. Cara ini memungkinkan tubuh dan pikiran untuk rileks dan bersiap tidur.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...