Agar Tetap Fokus Saat Puasa, Coba Sahur dengan Makanan Ini

Rusmanto
Rusmanto

Agar Tetap Fokus Saat Puasa, Coba Sahur dengan Makanan Ini ilustrasi
Winnetnews.com - Mempertahankan tingkat konsentrasi dan fokus selama bekerja memang tidak mudah, apalagi jika Anda sedang berpuasa. Kurangnya waktu tidur dan perubahan pola makan menyebabkan metabolisme tubuh juga berubah, termasuk pada kinerja otak Anda. 

Maka itu, Anda harus memiliki menu sahur yang sehat dan kaya nutrisi supaya tetap bisa konsentrasi dengan baik.

Badan lemas dan munculnya rasa kantuk, pasti mengganggu produktivitas Anda dalam bekerja. Anda jadi kesulitan untuk memahami sesuatu dan menyelesaikan pekerjaan. 

Banyak cara untuk mengatasinya, mulai dari tidur cukup, rutin olahraga, dan tentunya pilihan makanan  yang baik untuk dijadikan menu sahur. Berikut daftar makanan yang ampuh membantu Anda meningkatkan konsentrasi dan tetap fokus saat puasa.

Menu sahur yang bantu Anda tetap fokus saat puasa

1. Telur

Telur adalah makan bergizi yang paling terjangkau dan mudah untuk diolah. Bukan cuma lezat, makan satu buah telur utuh menyediakan asam lemak omega-3, kolin, dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Fungsinya untuk menjaga sel selaput otak tetap sehat dan meningkatkan kadar kolesterol yang baik. Makanan yang menutrisi otak ini meningkatkan daya ingat sekaligus memengaruhi suasana hati.

Bila otak ternutrisi dengan baik, Anda bisa tetap fokus selama bekerja. Selain itu, makanan bergizi ini juga bisa menjaga kadar energi sehingga Anda tidak lemas dan kehilangan konsentrasi. Anda bisa menambahkan telur dalam menu sahur Anda dengan dibuat telur mata sapi, telur orak-arik, atau ditumis dengan sayuran hijau.

2. Alpukat

Alpukat adalah buah kaya protein dengan kadar gula terendah dari buah lainnya. Buah ini mengandung asam lemak esensial, vitamin B, vitamin C, vitamin K, dan folat. Secara keseluruhan, nutrisi tersebut bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Alpukat dapat menekan rasa lapar saat puasa, menjaga kadar gula darah, dan kolesterol tetap stabil serta menjaga kulit Anda tetap sehat bersinar.

Selain itu, makan alpukat bisa meningkatkan aliran darah pada setiap organ di tubuh Anda, termasuk pada otak. Ini sebabnya alpukat membantu kemampuan otak untuk konsentrasi dan tetap fokus saat puasa. Anda bisa menambahkan alpukat pada menu sahur Anda. Baik itu dijus, dimakan buahnya langsung, dan dimakan dengan oatmeal atau roti tawar.

3. Brokoli

Brokoli memang menjadi sayuran populer yang mendukung kesehatan tubuh, terutama pada jantung dan otak. Kandungan kolin dan vitamin K  membentuk sphingolipids, yaitu lemak padat yang penting untuk sel otak. Ini memberikan efek antiradang dan antioksidan sehingga melindungi otak dari kerusakan. Jadi, brokoli sangat memengaruhi fungsi otak, termasuk tingkat konsentrasi.

Vitamin C yang terkandung pada brokoli membantu tubuh menghasilkan energi tambahan sehingga membuat Anda tidak lemas saat berpuasa. Anda bisa menikmati brokoli untuk menu sahur dengan ditumis, dipanggang, atau dibuat sup.

4. Bayam

Bayam mengandung vitamin K dan vitamin A yang membantu melawan peradangan dan menjaga tulang tetap kuat. Bukan hanya itu, rutin makan sayuran hijau, termasuk bayam terbukti menurunkan risiko demensia di masa tua. Mengapa? Kandungan lutein, folat, dan beta-karoten yang terdapat pada bayam menjaga sel-sel pada otak untuk tetap berfungsi dengan baik. Anda bisa menyantap berbagai menu sahur dengan bayam, misalnya dibuat sup bersama dengan jagung atau ditumis.

5. Ikan salmon

Di antara semua jenis ikan, salmon adalah penyedia asam lemak omega 3 paling tinggi. Asam lemak ini diperlukan oleh tubuh untuk mencegah peradangan sekaligus menjaga kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat.  Dilansir dari Dr. Axe, anak yang rutin makan salmon mencegah mereka dari ADHD dan membantu meningkatkan fokus.

 

 

 

Artikel ini telah tayang di hellosehat.com dengan judul "5 Makanan Sahur Ini Bantu Pikiran Agar Tetap Fokus dan Tajam Saat Puasa"
 

Apa Reaksi Kamu?