Agar Tidak Boros Atur Uang di Libur Akhir Tahun, Ini Caranya

Muchdi
Muchdi

Agar Tidak Boros Atur Uang di Libur Akhir Tahun, Ini Caranya ilustrasi Mengatur keuangan untuk libur akhir tahun ( Copyright shutterstock.com )

WinNetNews.com - Akhir tahun kerap dimanfaatkan masyarakat untuk liburan. Panjangnya libur bisa saja membuat masyarakat lupa diri sehingga boros menggunakan uang. Nah, agar tidak terlanjur menyesal, sebaiknya perhatikan tips berikut ini di liburan Natal dan Tahun Baru 2019.

Perencana Keuangan Eko Endarto menyarankan agar liburan direncanakan terlebih dahulu. Namun, jangan sekadar menjadi rencana yang tidak dilaksanakan. Kalau sudah begitu sama saja bohong.

Dikutip dari situs detikFinance, Jakarta, dikutip Selasa (25/12/2018), "Jadi ketika sebelum liburan sudah berencana mau ke mana saja, berapa anggarannya, dan seterusnya. Yang kedua laksanakan rencananya tadi, sehingga liburannya nggak jauh dari anggaran yang sudah disiapkan," katanya.

Jika tidak direncanakan, yang ada semua keinginan maunya dipenuhi. Ujung-ujungnya uang habis begitu saja.

"Biasanya yang bikin boros adalah hal hal keinginan ya, misalnya untuk kuliner yang tidak terencana, terus oleh oleh, terus perjalanan," sebutnya.

Terkadang, hal-hal tidak terduga juga bisa menyebabkan boros pengeluaran. Salah satunya adalah kerusakan kendaraan yang dipakai liburan, sehingga harus keluar uang untuk biaya perbaikan. Akan tetapi, kondisi tersebut bisa diminimalisir dengan perencanaan liburan yang baik.

"Bisa juga ada hal-hal tidak terduga nih. Itu juga cukup besar. Tapi kalau semua direncanakan semestinya tidak akan terlalu besar juga," jelasnya.

Di samping itu dia menyarankan agar saat liburan tahu mana yang menjadi prioritas. Dengan demikian uang yang dimiliki tidak habis begitu saja.

"Nah dia harus tahu prioritas pengeluarannya ke mana saja, tapi yang utama sih biasanya untuk transportasi karena dia harus pergi pulang kan, itu harus utama dulu disiapkan," tambahnya.

Apa Reaksi Kamu?