(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Agenda Presiden Jokowi di Jerman

Rusmanto
Rusmanto

Agenda Presiden Jokowi di Jerman
WinNetNews.com - Presiden Joko Widodo baru tiba di Berlin, Jerman, untuk sejumlah agenda kunjungan kerja. Jokowi dijadwalkan akan bertemu beberapa pejabat negara hingga para pengusaha Jerman.

Jokowi tiba di Bandar Udara Internasional Tegel, Berlin, Jerman sekitar pukul 21.00 waktu setempat atau 01.45 WIB, Minggu (17/4/2016). Jokowi dan rombongan langsung menuju Hotel Adlon Kempinski tempat menginap.

Tampak mendampingi Jokowi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong dan Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana serta lainnya. Hadir juga Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Jerman Fauzi Bowo, pejabat KBRI dan lainnya.

image0

Begitu tiba di hotel, Jokowi disambut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kepala BIN Sutiyoso, Kepala BKM Franky Sibarani dan beberapa pejabat Indonesia lain yang lebih dulu tiba di Berlin. Sejumlah WNI terutama pelajar juga menyambut kedatangan Presiden Jokowi dengan suka cita.

"Senin (18/4), adalah hari yang sangat padat. Karena dalam satu hari kita akan melakukan 7 program, yang terdiri dari 3 program terkait dengan kegiatan bisnis. Dua kali one on one, dan satu kali bisnis forum," ucap Menlu Retno kepada wartawan di Berlin, Minggu (17/4) malam.

 

Retno mengatakan, kunjungan kali ini adalah untuk memenuhi undangan Kanselir Jerman Angela Merkel yang bertemu Jokowi tahun lalu di sela-sela forum G20. Saat itu Merkel memberikan undangan kepada Jokowi dan hari ini disanggupi.

"Kemudian pertemuan dengan Presiden Jerman, kemudian pertemuan dengan Kanselir Merkel, kemudian berkunjung ke Siemenstadt, khusus untuk membahas kerja sama vocational dan yang terakhir adalah tentunya pertemuan dengan masyarakat Indonesia," papar Retno.

Retno juga menjelaskan, Jerman merupakan salah satu mitra utama Indonesia di kawasan Eropa. Kalau lihat dari segi perdagangan, maka perdagangan Indonesia-Jerman menduduki angka nomor 1 se-Eropa, sementara investasi mitra ke-7.

"Selain kegiatan ekonomi yang terkait dengan investasi sebagaimana yang tadi saya sampaikan, maka fokus kunjungan Presiden ke Jerman kali ini adalah untuk meningkatkan kerjasama di bidang vokasional, pendidikan vokasi. Oleh karena itu besok beliau akan berkunjung ke siemenstadt," ucap mantan Dubes RI di Belanda itu.

disadur dari situs detik news

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});