Aguan Mengaku Beberapa Kali Bertemu dengan Anggota DPRD DKI

Zaenal Arifin
Zaenal Arifin

Aguan Mengaku Beberapa Kali Bertemu dengan Anggota DPRD DKI
 Jakarta, Winnetnews.com -  Pendiri Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma alias Aguan, menjelaskan mengenai sejumlah pertemuan dirinya dengan beberapa anggota DPRD DKI Jakarta termasuk Ketua DPRD Prasetyo Edy Marsudi.

"Pernah bertemu pada Desember 2015 ada Pak Pras (Prasetyo Edy), ketuanya mau silaturahmi ke rumah, datang ada juga Pak Taufik (Mohamad Taufik, ketua badan legislasi daerah), Pak Sanusi (anggota Balegda), Pak Ongen Sangaji (anggota Balegda), Pak Selamet Nurdin (ketua fraksi PKS DPRD DKI Jakarta)," kata Aguan dalam sidang di pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Rabu (27/7/2016).

Aguan menjadi saksi dalam kasus suap mantan Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land Ariesman Widjaja dan pegawainya Trinanda Prihantoro yang didakwa menyuap anggota DPRD DKI Jakarta dari fraksi Partai Gerindra Mohamad Sanusi sebesar Rp2 miliar agar mengubah pasal yang mengatur kontribusi tambahan dalam Raperda tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara (Pantura) Jakarta (RTRKSP) dari tadinya 5 persen menjadi 15 persen kontribusi.

"Datang silaturahmi saja, kebetulan hari minggu juga saya biasa kumpul silaturahmi. Ada keluarga saya, empat dan cucu-cucu datang hari Minggu. Sore-sore datang kita ngobrol saja biasa namanya silaturahmi, saya keluar masuk karena keluarga yang datang banyak jadi kumpul sebentar saja, ada yang merokok," ungkap Aguan.

"Apakah saat pertemuan itu ada pembicaraan terkait perkembangan reklamasi?" tanya jaksa penuntut umum KPK Ali Fikri.

"Seingat saya tidak pernah dengar," jawab Aguan.

"Obrolan rancangan perda pengganti di DPRD?" tanya jaksa Ali.

"Saya tidak ada bicara itu dan tidak dengar karena saya keluar masuk, dan silaturahmi juga sebentar tidak lewat setengah jam," ungkap Aguan.

Padahal dalam dakwaan Ariesman, disebutkan bahwa sekitar pertengahan Desember 2015 bertempat di Taman Golf Timur II/11-12 Pantai Indah Kapuk (PIK) Jakarta, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta merangkap Ketua Balegda Mohamad Taufik, anggota Balegda Mohamad Sanusi, Ketua DPRD Prasetyo Edy Marsudi, Anggota Balegda Mohamad Sangaji alias Ongen Sangaji, dan Ketua fraksi PKS Selamat Nurdin melakukan pertemuan dengan Aguan dan Ariesman Widjaja yaitu membahas percepatan pengesahan Raperda tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara (Pantura) Jakarta (RTRKSP).

Pertemuan selanjutnya dilakukan di kantor Aguan di Harco Mangga Dua pada Maret 2016 "Pernah ketemu Sanusi, di Mangga Dua, sekali atau dua kali. Ada Pak Ariesman dan juga anak saya (Richard Halim). Sedangkan pertemuan kedua Pupung (Manager Perizinan Agung Sedayu) pernah janji mau ketemu Sanusi, mungkin saya kira kenapa tidak selesai-selesai raperdanya, saya juga ingin tahu kenapa," jelas Aguan.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});