(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Agus Marto: Ekonomi Dunia Masih Tidak Bagus

Rusmanto
Rusmanto

Agus Marto: Ekonomi Dunia Masih Tidak Bagus
WinNetNews.com - Kondisi perekonomian dunia saat ini masih tidak bagus. Ekonomi di negara maju dan berkembang tidak seperti yang diharapkan, dan juga masih dalam tekanan.

"Ekonomi Tiongkok yang menunjukkan rebalancing, dan juga juga harga komoditi dan harga minyak yang masih rendah," kata Agus di kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Rabu (2/3/2016).

Namun untuk ekonomi Indonesia, Agus mengatakan, tahun lalu sudah mulai terjadi perbaikan. Inflasi mulai terjaga, demikian juga untuk defisit transaksi berjalan yang menunjukan pengurangan.

"Kita memahami di sektor perindustrian juga cukup banyak industri yang masih memerlukan bahan baku dan bahan antara dalam bentuk impor. Dan kita mendengar bagaimana rencana Kemenperin untuk melakukan dan mengundang industri untuk melengkapi susunan industri yang ada di dalam negeri. Termasuk program melakukan perbaikan sektor hulu dari industri, dan upaya melakukan hilirisasi dan proses nilai tambah di sini," papar Agus.

 

Pada kesempatan itu, Agus menyinggung soal masih besarnya transaksi industri di dalam negeri yang menggunakan dolar AS. Nilainya saat ini sudah turun, dari tahun lalu rata-rata US$ 7 miliar/bulan, menjadi US$ 4 miliar/bulan saat ini.

Namun BI masih mengharapkan tak ada lagi transaksi yang menggunakan dolar AS di dalam negeri.

"Kita melihat Kemenperin juga memberikan arahan pada industri yang di bawah supervisi Kemenperin untuk betul-betul bisa menerapkan penggunaan rupiah di dalam negeri. Untuk beberapa sektor khusus yang memerlukan penyesuaian dan memerlukan transisi juga kita bicarakan, dan tentu kami berikan kesempatan untuk transisi, Namun kemajuannya menunjukkan kondisi yang baik," kata Agus.

disadur dari situs detik finance

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});