Skip to main content

Agus Marto Rapat 2 Jam dengan Jokowi

Agus Marto Rapat 2 Jam dengan Jokowi
Agus Marto Rapat 2 Jam dengan Jokowi

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo diundang Presiden Joko Widodo ke Istana Negara, Jakarta siang tadi untuk menjelaskan kondisi perekonomian terkini.

Sementara bersama Jokowi, juga hadir Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Agus menjelaskan, perkembangan terakhir ekonomi dunia memang masih bergejolak. Bank Sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve (The) Fed akan menaikkan tingkat bunga, dan China melakukan devaluasi atas mata uangnya, yaitu yuan, termasuk pemangkasan suku bunga menjadi 4,6%.

Berbagai koordinasi antara pemerintah dan BI masih terus berjalan untuk memantau setiap perkembangan. Begitu juga dengan Forum Koordinasi Stabilitas Sistem Keuangan (FKSSK), yang melibatkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Kepada Jokowi, Agus juga menyampaikan berbagai langkah yang telah dilakukan oleh BI, untuk menjaga inflasi tahun ini pada target 4,5% plus minus 1%, transaksi berjalan dengan defisit yang lebih rendah, dan mendorong penggunaan rupiah di dalam negeri.

"Tapi dijelaskan implementasi juga untuk mengelola utang luar negeri, dunia usaha supaya bisa hati-hati dan tidak ada risiko nilai tukar yang bisa menjadi ancaman bagi perusahaan. Kami juga jelaskan satu kebijakan BI untuk antisipasi menjaga di pasar valas untuk dalam batas yang sehat," tukasnya. (jk)

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top