Ahok beri target pembangunan ITF tahun 2016

Ahok beri target pembangunan ITF tahun 2016

WinNetNews.com-Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memberi target pembangunan tempat pengolahan sampah terpadu atau "Intermediate Treatment Facilities" (ITF) bisa dilakukan tahun 2016.

"Tahun ini, kami menargetkan sudah bisa mulai membangun ITF sendiri. Jadi, groundbreaking (peletakan batu pertama) ITF kalau bisa sudah dilakukan tahun ini juga," terangnya di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa. Ia menyebutkan sudah meminta Dinas Kebersihan DKI Jakarta supaya segera merumuskan rencana penunjukan langsung pengelolaan ITF itu. "Pembangunan ITF tersebut bertujuan sebagai langkah untuk menangani permasalahan sampah di Jakarta. Makanya, saya sudah minta Dinas Kebersihan supaya merumuskan pengelolaannya," ucap Ahok. Ahok menjelaskan bahwa terdapat dua Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bakal ditunjuk guna membangun ITF, yakni PT Jakarta Propertindo (Jakpro) dan PT Pembangunan Jaya. "PT Jakpro dan PT Pembangunan Jaya kami tunjuk untuk melakukan pembangunan ITF. Akan tetapi, belum diputuskan ITF mana dulu yang terlebih dahulu akan dibangun, yang pasti lokasinya ada di Sunter, Marunda dan Duri Kosambi," jelas Ahok.

Selanjutnya, Ahok mengungkapkan payung hukum guna penunjukan langsung itu yaitu Perpres Nomor 4 Tahun 2015 tentang Perubahan Keempat Atas Perpres Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.

"Kalau semuanya sudah dirumuskan, maka bisa secepatnya dilakukan penunjukan langsung. Setelah itu, semua pihak langsung bisa bekerja. Memang sudah saatnya Jakarta memiliki tempat pengolahan sampah sendiri," tandas Gubernur DKI ini.