Ahok Kagum Pada Pemikiran Gus Dur

Muhammad Takdir

Dipublikasikan 6 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Ahok Kagum Pada Pemikiran Gus Dur
WinNetNews.com - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau yang kerap disapa Ahok mengungkapkan kesannya akan Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid. Ahok, sapaan akrab Basuki, menyebut pemikiran Gus Dur mengenai toleransi menjadi salah satu contoh yang disukainya.

"Saya ingat dulu Gus Dur dimarahin karena dukung saya yang enggak mengerti Al-Quran. Lalu dia bilang bahwa orang seperti itu berarti menuhankan Al-Quran, bukan Tuhan," kata Ahok saat menghadiri peresmian Griya Gus Dur di Jalan Taman Amir Hamzah, Jakarta Pusat, Minggu (24/1).

Hal yang sama, kata Ahok, berlaku pula pada orang yang membenci pihak lain yang berbeda agama. Dia dan Gus Dur menilai orang tersebut berarti menuhankan agama, bukan Tuhan.

"Saat ini banyak orang yang beragama, tetapi tidak mengerti tentang bertuhan. Kalau bertuhan, enggak mungkin ribut karena beda agama," katanya.

Dia pun menilai posisi Indonesia berada di "persimpangan jalan" jika terus meributkan perbedaan agama dan saling mengotak-ngotakkan.

"Jelas kok Tuhan cuma satu. Ini modal Gus Dur. Saya pikir paham seperti ini patut diperjuangkan terus," kata Ahok.

Adapun, hari ini Ahok juga menerima Gus Dur Award 2016. Dia merupakan tokoh terpilih dari bidang politik yang dinilai sebagai sosok yang pemberani, tegas, serta antikorupsi.

"Dia menegakkan aturan dari para pengusaha tamak. Ahok juga merupakan politikus bersih terlihat dari upayanya melakukan penghematan anggaran," kata Yenny Wahid saat menyerahkan penghargaan.

(seperti dilansir dari CNN Indonesia)

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...