Ahok: Kartu Jakarta One Memiliki Fungsi Luas dan Bisa Juga untuk e-KTP

Ahok: Kartu Jakarta One Memiliki Fungsi Luas dan Bisa Juga untuk e-KTP

WinNetNews.com - Basuki Tjahaja Purnama, Gubernur DKI Jakarta, waktu lalu telah mengeluarkan kartu Jakarta One, yang nantinya dapat digunakan sebagai kartu identitas elektronik. Setelah profil diri terdaftar, kartu ini bisa digunakan untuk akses dalam mendapatkan layanan publik dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Nanti kartu Jakarta One bisa juga untuk e-KTP sebenarnya, semua bisa disimpan. Namanya juga combo card," kata Ahok.

"Kartu Jakarta One, memiliki fungsi yang luas dalam hal transaksi pembayaran dan mempermudah warga dalam mendapat akses layanan publik. Adapun fungsi kartu ini, mencakup transportasi, akses sarana kesehatan, pembayaran pajak dan retribusi pembayaran sarana utilitas seperti listrik, telepon, air minum, gas dan bbm." jelas ahok.

"Bus, KJP, pembayaran rusun, pasar, parkir, sebentar lagi ERP. Kami sangat yakin pemasukan buat DKI meningkat. Kami juga mendorong soal pajak. Ini bisa jalan kalau kita punya dasar," terangnya.

Selain itu, kemudahan lain yang didapat adalah dapat mempermudah dalam menyalurkan kredit usaha rakyat sekaligus pengawasan kepada Pedagang Kaki Lima.

"Kalau PKL menyetorkan uangnya ke bank, kami bisa tahu penghasilan dia, arus kas dia. Sehingga kami bisa dengan mudah menyalurkan kredit usaha rakyat. Sekarang kami kesulitan menyalurkan karena tidak kenal siapa mereka, perilakunya," klaim Ahok.

Ditambahkannya, Jakarta One juga bisa membantu Pemprov DKI dalam melakukan operasi pasar dan mengawasi penyaluran sembako dan bahan-bahan pokok murah namun tidak tepat sasaran.

"Operasi pasar bisa efektif kalau dilakukan setiap hari. Lewat kartu Jakarta One ini, karena kami bisa tahu siapa yang beli. Dan dijatahin mereka belinya berapa," pungkas Ahok.

Kartu multi fungsi ini baru saja diluncurkan hari ini. Dalam acara peluncuran ini, hadir Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Gubernur BI Agus Martowardojo, dan Direktur Utama Bank DKI Kresno.