Ahok Mulai Persiapkan Membangun Waduk Impian Jokowi

Ahok Mulai Persiapkan Membangun Waduk Impian Jokowi

WinNetNews.com – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang biasa disapa Ahok, kini mulai mempersiapkan membangun Waduk Ciawi (impian Jokowi). Proses pembangunan akan dimulai tahun ini.

Hal ini diungkapkan Kepala Badan Kerjasama Pembangunan (BKSD) Didi Sunardi selepas penandatanganan kerjasama pembangunan wilayah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi dan Cianjur (Jabodetabekjur). Pemprov DKI Jakarta akan membantu pembangunan waduk itu melalui anggaran yang dimiliki.

"Itu juga kami termasuk di dalamnya. Tapi sudah di atasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dengan DKI biayanya. Sudah akan terbangun 2016, pembebasan tanah untuk air baku DKI," kata Didi Sunardi, di Balai Kota, Jakarta, Rabu (6/1/2016).

Hal serupa juga diungkapkan Ahok. Menurut mantan Bupati Belitung Timur itu, pada hakikatnya Pemprov DKI Jakarta siap membantu pendanaan pembangunan Waduk Ciawi.

"Prinsip kami kan kita siapkan dana yang penting saya selalu katakan wilayah DKI itu termasuk Jabodetabekjur. Hanya bukan mengambil kekuasanannya, tanggung jawab keluar uang untuk pembangunannya," ujar Ahok.

Sejak tahun lalu, Ahok sudah diminta Jokowi untuk segera melakukan proses pembangunan. Waduk Ciawi memang impian Jokowi sejak masih menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Saat itu, pembangunan terkendala pembebasan lahan. Mengingat pemerintah belum menentukan sistem pembayaran ganti rugi untuk warga.