Ahok Sebut Ali Sadikin Sebetulnya Yang Jadi Gubernur Reklamasi

Ahok Sebut Ali Sadikin Sebetulnya Yang Jadi Gubernur Reklamasi

Rabu, 20 Apr 2016 | 18:41 | Rike
WinNetNews.com-Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akui dirinya enggan disebut menjadi gubernur reklamasi. Karena, Ahok klaim gagasan awal reklamasi Teluk Jakarta bukanlah ada di eranya, namun telah ada sejak Ali Sadikin menjabat menjadi gubernur DKI Jakarta ke-9.

"Ancol kamu kira bukan reklamasi? Batas laut Ancol, kali yang di jalan layangnya itu batas laut. Semua reklamasi. Kalau gitu, siapa gubernur reklamasi? Ali Sadikin sebetulnya," ucap Ahok di Balai kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (20/4).

Dia sebutkan proyek reklamasi bukanlah hal baru di Jakarta. Ahok mengatakan, beberapa kawasan di Jakarta pun diketahui adalah hasil dari reklamasi. Katakan saja kawasan Pluit, Ancol, Kalibaru, Pelabuhan Nizamzaman, dan Muara Angke."Mereka sadar enggak Cakung Cilincing bukan reklamasi? Pluit? Dulu laut itu mentok sampai di Sunda Kelapa. Pluit dan Waduk pluit itu sudah reklamasi. Nizamzaman dan Muara Angke itu reklamasi, Kalibaru juga reklamasi," ujarnya.

Menurut Ahok, yang membuat dirinya heran adalah mengapa tidak ada yang mempermasalahkan reklamasi Kawasan Berikat Nusantara dengan pengembang PT Karya Citra Nusantara (KCN). Sementara, ada indikasi pelanggaran aturan mengenai pengurukan laut dalam proyek tersebut."KBN total reklamasi sekarang dia nambah 12 hektare, padahal bukti mengatakann kita enggak boleh ditambah begitu. Kalau reklamasi mesti gantung 300 meter. Ketik google aja, pernah enggak Walhi, KNT persoalkan reklamasi yang dilakukan KBN dan KCN? Enggak ada. Bekasi? Enggak ada," kata Ahok.

Sumber:merdeka.com

Foto:kompas.com

TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...