Ahok Sulit Dihadang?

Ahok Sulit Dihadang?

Senin, 8 Agt 2016 | 08:36 | Rusmanto
WinNetNews.com - Enam partai politik akan menggelar pertemuan hari ini guna memantapkan koalisi untuk tidak mendukung calon petahana, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Ketua Tim Penjaringan Calon Gubernur Partai Gerindra, Syarif, membenarkan adanya pertemuan itu. Selain PDIP sebagai penggagas, akan hadir perwakilan Gerindra, PKS, Demokrat, PKB, dan PAN. Syarif juga memastikan pertemuan akan mematangkan koalisi untuk tidak mendukung Ahok.

PDIP merupakan satu-satunya partai yang bisa mengusung cagub-cawagub tanpa perlu koalisi dalam pilkada DKI mendatang. Adapun Gerindra, mereka telah memilih Sandiaga Uno sebagai cagub meski itu bukan harga mati.

“Kita kan punya dua skema. Skema pertama dengan PDIP. Kedua, tanpa PDIP. Kita sudah tawarkan PKS, Demokrat, dan PPP, dan mereka menyetujui nama Sandiaga Uno. Kalau PDIP mau, mereka boleh ajukan buat calon DKI 1, nomor 2 (wagub) dari Gerindra,” jelasnya.

Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPD PDIP DKI Gembong Warsono memastikan pertemuan hari ini demi mematangkan koalisi untuk tidak mendukung calon petahana. “Kan sebelumnya sikap kami jelas dengan pertemuan bersama PKB untuk tidak dukung petahana. Kita mau mengkristalkan ini dengan partai lain."

Di lain sisi, partai-partai pendukung Ahok, yakni Partai NasDem, Golkar, dan Hanura, tak lantas risau dengan manuver enam parpol tersebut. Sekretaris Partai NasDem DKI Jakarta Wibi Andrino menegaskan koalisi besar tak menjamin tingginya elektabilitas. Menurutnya, sulit bagi pesaing menandingi Ahok.


MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...