(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Air Terjun Lider, Tempat Paling Tepat Untuk Melepas Penat

Fellyanda Suci Agiesta
Fellyanda Suci Agiesta

Air Terjun Lider, Tempat Paling Tepat Untuk Melepas Penat

WinNetNews.com - Sudah penat dengan suasana pekerjaan yang bikin kamu jenuh? Ga ada salahnya kalau kamu mengunjungi tempat satu ini. Bagi para traveler yang suka dengan wisata alam pasti ga akan bosan dengan Air Terjun Lider, mengapa? Karena air terjun Lider masih sangat alami, dan pasti suasananya masih sangat tenang. Bahkan, air terjun Lider ini memiliki ketinggian 1.300 meter diatas permukaan laut, serta terjunan airnya berkisar 60 meter. Debit air berasal dari mata air pegunungan.

Air terjun Lider terletak di Dusun Sragi, Desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Propinsi Jawa Timur. Berada di tengah kawasan hutan lindung yang juga masuk dalam pengawasan Kawasan Resort Pemangkuan Hutan (KRPH) Perhutani Sidomulyo, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Kali Setail kecamatan Sempu, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyuwangi Barat. Dinamakan Air Terjun Lider dikarenakan lokasinya terletak di kawasan hutan lindung petak 74, Blok Lider. Air terjun yang terletak di lereng timur Gunung Raung ini, berjarak sekitar 45 km dari kota Banyuwangi.

image0

Kalau kamu ingin menuju Air Terjun Lider, kamu bisa menggunakan sejumlah jalur, salah satunya adalah jalur jambewangi, sempu, banyuwangi ini. Sepanjang perjalanan, kamu akan melihat hamparan hutan pinus sepanjang lima kilo meter. Selain hutan pinus, mata kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan deretan tanaman tebu dan kopi yang menghampar disepanjang perjalanan. Atau jalur lain, unutk menuju Air Terjun Lider, kamu bisa dari kecamatan sempu melewati desa Jambewangi menuju desa Sumber Arum sejauh 7 km. Sesampai di post 1 kawasan perkebunan, mengisi daftar kunjungan lengkap dengan keperluannya. Masih ada satu alternatif jalan lain, yaitu melewati Desa Sragi, Kecamatan Songgon dengan jarak sekitar 8 km dari perkampungan warga. Sayangnya, kondisi jalan di dua jalur tersebut sama-sama kurang mendukung. Sebab selain tidak beraspal, jalannya juga sangat rusak. Apalagi kalau di musim penghujan sangat becek.

Biasakan sebelum bepergian, kamu cek kembali keadaan kendaraan kamu, karena medan yang dilewati sangatlah sulit. Banyak batu gunung lancip hampir di sepanjang jalan.

Jika kamu menggunakan jalur pertama, dari terminal bus di kota genteng, Banyuwangi, perjalanan kamu akan diawali dengan menggunakan angkutan pedesaan menuju Kecamatan Sempu yang hanya berjarak sekitar 15 km. Dari sini perjalanan dilanjutkan menuju Desa Songgon sejauh 10 km, bisa menggunakan ojek atau berjaan kaki sambil menikmati panorama alam perkebunan cengkeh yang terhampar disekitarnya. Sesampai di dukuh Lider, kamu masih harus melanjutkan perjalanan sejauh 3 km menuju ke batas akhir perkebunan cengkeh, dimana terdapat jalan masuk ke air terjun.

Perjalanan belum selesai, setelah kamu meningalkan kendaraan di sebuah pos, kamu akan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melintasi jalan setapak selebar setengah meter di sisi tebing jurang dan enam sungai di tengah hutan. Kondisi jalan setapak ini sudah tertata rapi lengkap dengan petunjuk jalannya, namun cukup licin dan berliku. Jarak pos dengan lokasi air terjun sekitar 1 km.

Tapi jangan salah, kalau kamu sudah sampai tepat di Air Terjun Lider, semua rasa capek bin lelah kamu akan langsung buyar. Terbayar dengan indah dan sejuknya Air Terjun Lider.

 

Sumber dari TelusuriIndonesia

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});