Ajaib! Ternyata Perak Bisa Bantu Lawan Bakteri

Ajaib! Ternyata Perak Bisa Bantu Lawan Bakteri

Rabu, 3 Mei 2017 | 17:31 | kontributor

winnetnews.com - Kita tahu kalau perak adalah salah satu logam yang sering digunakan untuk membuat perhiasan, peralatan dapur hingga peralatan kedokteran. Ternyata perak punya sifat yang yang unik yaitu antibakteri. Perak atau silver terbukti memiliki sifat antimikroba, oleh karena itu peralatan operasi umumnya terbuat dari perak. Hal ini juga bertujuan agar meminimalkan resiko infeksi pada pasien.

Perak bisa menghancurkan sel-sel bakteri lewat tiga cara. Pertama ia akan masuk lewat dinding sel bakteri. Jadi yang tadinya utuh begitu ada silver ion bisa menembus membuat bolong-bolong dindingnya. Otomatis kalau sudah bolong pasti akan merusak sel, begitu membran bolong air akan keluar semua jadi rusak. Kedua perak akan menghentikan mitokondria, dia adalah bagian yang digunakan sel untuk bernapas. Terakhir ketiga DNA juga bakal dirusak oleh silver sehingga tamat lah riwayat si kuman.

Karena sifat-sifat tersebut perak sebetulnya juga bisa dikonsumsi sebagai obat namun tidak populer. Alasannya karena perak adalah logam berat dengan mekanisme berbeda dengan senyawa kimia yang biasa digunakan pada obat. Perak tak dapat membedakan mana sel kuman dan mana sel tubuh sehingga bila dikonsumsi sembarangan malah berisiko untuk membuat kerusakan. Namun jika perak dipakai diluar tubuh, tidak akan merusak sel tubuh kita.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...