Ajak Pengguna Optimalkan Transportasi Publik, PT KCI Tambah Rangkaian dan Jam Operasional KRL
Ilustrasi penumpang naik Commuter Line. [Foto: Kompas.id]

Ajak Pengguna Optimalkan Transportasi Publik, PT KCI Tambah Rangkaian dan Jam Operasional KRL

Senin, 18 Nov 2019 | 14:46 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Bagi kamu yang setiap harinya pulang-pergi menggunakan kereta Commuter Line Jabodetabek, ada kabar baik nih! Per 1 Desember 2019, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) sebagai anak perusahaan induk PT KAI bakal menambah gerbong guna memaksimalkan perjalanan KRL.

Nah, hal ini kemudian dibenarkan Direktur Utama (Dirut) PT KCI, Wiwik Widayanti. Menurutnya, berdasarkan Grafik Perjalanan Kereta (Gapeka) 2019, PT KCI berencana menambah 86 rangkaian dengan 906 perjalanan KRL dengan jumlah total sarana yang dioperasikan mencapai 1.100 unit kereta.

“Penambahan dilaksanakan secara bertahap hingga mencapai jumlah sesuai Gapeka 2019," ujar Wiwik di Gedung Jakarta Railway Center, Jalan H Juanda, Jakarta Pusat, Senin (18/11) seperti dikutip Detik.com.

Wiwik juga mengatakan PT KCI akan menambah jam operasional di beberapa lintasan saat malam pergantian tahun. Namun, dia belum merinci penambahan waktu itu hingga pukul berapa.

"PT KCI merencanakan akan menambahkan jam operasional perjalanan KRL di beberapa lintasan seperti Bogor, Bekasi, Tangerang, dan Serpong," ucapnya.

Dia berharap penambahan perjalanan KRL membuat masyarakat mendapat banyak manfaat. Dia menilai Gapeka bisa menarik masyarakat menggunakan transportasi publik.

"Dengan penambahan perjalanan KRL di Gapeka 2019 ini diharapkan semakin banyak masyarakat yang menggunakan transportasi publik khususnya KRL," tuturnya.

Berikut ini rangkaian penambahan perjalanan KRL:

- Jumlah perjalanan KRL lintas Bogor sebanyak 405 perjalanan KRL yang terdiri dari tujuan Bogor/Depok-Jakarta Kota PP, terdapat 277 perjalanan dengan pemberhentian pada jam sibuk selama 5 menit. Rangkaian Bogor/Depok-Jatinegara PP terdapat 178 perjalanan dengan pemberhentian pada jam sibuk selama 5 menit.

- Untuk jumlah perjalanan KRL Bekasi lintasan Cikarang/Bekasi-Jakarta Kota PP sebanyak 174 perjalanan setiap harinya dengan pemberhentian di jam sibuk selama 11 menit.

- Lintas Serpong Rangkasbitung/Parung Panjang/Maja/Serpong-Tanah Abang PP mulai 1 Desember terdapat 178 perjalanan KRL pada lintas tersebut dengan pemberhentian saat jam sibuk selama 10 menit. Sedangkan lintas Tangerang-Duri PP terdapat perjalanan KRL sebanyak 98 perjalanan dengan pemberhentian saat jam sibuk selama 15 menit.

- Lintas Tanjung Priok-Jakarta Kota pada triwulan pertama ini terdapat total perjalanan KRL sebanyak 56 perjalanan dengan pemberhentian saat jam sibuk selama 30 menit. Sedangkan KRL feeder (Kampung Bandan-Jakarta Kota PP) pada Gapeka 2019 ini berjumlah 47 perjalanan dengan pemberhentian jam sibuk selama 38 menit. [dtc]

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...