Akan Tes Payudara Mammografi? Berikut Hal yang Harus Diperhatikan
ilustrasi

Akan Tes Payudara Mammografi? Berikut Hal yang Harus Diperhatikan

Kamis, 14 Nov 2019 | 07:15 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Sama seperti pap smear, kebanyakan orang akan dianjurkan untuk menjalani mammografi secara teratur selama hidup mereka. Akan tetapi bagi kebanyakan orang yang tidak pernah menjalani skrining payudara sebelumnya, antisipasi tes mammogram pertama kali dapat menjadi pengalaman yang lumayan bikin deg-degan.

Ketidaktahuan soal apa yang terjadi selama prosedur dan apa yang harus dipersiapkan seringkali menjadi alasan kuat untuk beberapa perempuan selalu menunda-nunda tes mammografi pertama mereka. Untuk membantu menenangkan pikiran, berikut adalah sejumlah hal yang perlu Anda tahu sebelum menjalani mammografi untuk pertama kalinya.

Yang perlu diketahui seputar tes mammografi

1. Dianjurkan untuk orang di atas 40 tahun 

Biasa dilakukan di atas usia 40 tahun, pemeriksaan ini sering disebut sebagai pemeriksaan dasar atau awal (base line mammography/initial mammograph). Selain itu, biasanya dokter juga akan menganjurkan untuk melakukan USG yang digunakan sebagai pelengkap mammografi.

2. Ibu hamil dan menyusui tidak diperkenankan melakukan mammografi

Sebelum menjalani mammogram pertama, pastikan Anda telah memberi tahu dokter jika Anda sedang hamil, menyusui, atau curiga sedang hamil. Mammografi tidak akan dilakukan pada wanita dengan kondisi ini. 

Alasannya karena paparan sinar X-ray dari alat mammografi ditakutkan akan membahayakan kondisi janin di dalam kandungan ibu. Sebagai gantinya, dokter akan menyarankan teknik pemindaian lain — seperti ultrasound (USG).

3. Jadwalkan mammografi seminggu setelah menstruasi

Ketika dokter sudah menyarankan Anda untuk menjalani prosedur ini, jadwalkan pemeriksaan ini ketika payudara Anda sedang tidak membengkak atau mengeras. 

Ini bertujuan untuk mengurangi rasa sakit yang mungkin hadir selama Anda menjalani pemeriksaan, dan juga untuk mendapatkan hasil yang berkualitas. 

Sebisa mungkin hindari mammogram seminggu sebelum dan selama menstruasi Anda.Sebab di masa ini, biasanya payudara sedang mengencang dan agak membesar dikarenakan adanya perubahan hormon pada tubuh menjelang dan selama menstruasi.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...