Akankah Google Akuisisi HTC?

Akankah Google Akuisisi HTC? ilustrasi

WinNetNews.com - Beredar kabar kalau Google siap mengakuisisi HTC, vendor Android yang dulu pernah jaya. Tanda-tandanya semakin kuat setelah HTC berhenti berjualan saham di negaranya, Taiwan.

Penjualan saham HTC dihentikan karena mereka disebutkan akan merilis informasi penting. Bisa jadi informasi tersebut adalah pengumuman akuisisi oleh induk Google, yakni Alphabet.

HTC adalah perusahaan pertama yang merilis ponsel Android yakni HTC One. Mereka sempat menikmati masa jaya dengan ciri khas desain premium dan terutama bermain di pasar high end.

Dikutip dari BBC, 5 tahun lampau HTC adalah vendor smartphone nomor 4 terbesar di dunia dengan pangsa pasar 9%. Namun persaingan yang sengit membuat mereka sempoyongan dan saat ini pangsa pasarnya kurang dari 1%.

Sejak bulan lalu, sudah tersebar spekulasi bahwa HTC ingin menjual sebagian atau seluruh perusahaan. Mereka punya dua divisi, yakni divisi smartphone dan divisi perangkat virtual reality.

Google belakangan disebut calon terkuat pembeli HTC. Mereka sebenarnya sudah pernah membeli vendor ponsel lain yakni Motorola pada tahun 2011 senilai USD 12,5 miliar.

Motorola dibeli terutama karena Google ingin memiliki paten teknologi dari perusahaan legendaris itu. Tiga tahun kemudian atau pada 2014, Google melepas Motorola ke vendor asal China, Lenovo. (detikcom)