Akankah Jerman Ikut Menyerang ISIS?

Akankah Jerman Ikut Menyerang ISIS?

WinNetNews.com - Akankah Jerman ikut menyerang ISIS? Kabinet Jerman menyetujui mandat sehubungan dengan bantuan militer untuk mendukung perjuangan internasional melawan ISIS pasca serangan Paris.

Namun paket bantuan tersebut masih memerlukan persetujuan parlemen. Dalam pernyataan yang dikeluarkan pemerintah, paketnya mencakup pesawat jet pengintai Tornado, kapal angkatan laut dan 1.200 tentara, yang diminta Prancis.

“Kontribusi Jerman adalah memerangi terorisme di bawah naungan aliansi untuk melawan kelompok NI dan bertujuan memberi dukungan, khususnya kepada Prancis, Irak, dan aliansi internasional dalam memerangi NI,” bunyi mandat, Selasa (1/12), seperti dilansir AFP dan Detik.

Di sisi lain, belum ada tanggal yang ditetapkan untuk menggelar pemilihan parlemen, meski demikian persetujuan memberikan paket bantuan, dianggap hampir pasti diperoleh karena pemerintah koalisi besar Kanselir Angela Merkel memiliki suara mayoritas.

Mandat paket bantuan yang berlaku selama satu tahun itu menghabiskan biaya 134 juta euro atau setara US$ 142 juta dan dapat diperpanjang pada 2016.

Dengan menyediakan tentara hingga 1.200 untuk memberi bantuan dan melakukan pengintaian melalui udara maka ini akan menjadi misi Bundeswehr terbesar pada saat ini, menyusul penarikan tentara di Afghanistan.