(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Akankah Krisis Kali Ini Sama Dengan Krisis 1998?

Muhammad Takdir
Muhammad Takdir

Akankah Krisis Kali Ini Sama Dengan Krisis 1998?

 

Wingamers.com - Banyak yang ketakutan akan meroketnya harga dolar, akankah krisis kali ini sama dengan krisis 1998?? Pemerintah telah mengeluarkan paket kebijakan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional di tengah tren ekonomi global yang melambat. Kebijakan ini juga menjadi upaya pemerintah untuk mendapatkan valuta asing yang tergerus akibat depresiasi rupiah.

Namun sebenarnya turunnya dari Rp 12.650 per dolar AS pada 2008. Karena itu, jika dilihat dari tingkat depresiasinya pun lebih rendah dibandingkan 1998 dan 2008. Selain itu, angka NPL (non-performing loan atau kredit bermasalah perbankan) dan inflasi pun jauh lebih rendah dibanding 1998 yang masing-masing mencapai 30 persen dan 82 persen. Ungkap Presiden Joko Widodo seperti dilansir situs Kata Data.

Namun hati-hati tetap perlu sebab ini adalah nilai rupiah terendah sejak 1998 sehingga timbul persepsi di masyarakat bahwa krisis moneter akan terjadi. Akankah krisis kali ini sama dengan krisis 1998? Berbeda, perbedaanya terletak pada depresiasi rupiah saat ini hanya 14 persen, lebih rendah daripada tahun 1998 yang mencapai 197 persen. Selain itu, stabilitas harga juga lebih terjaga. Hal ini tercermin pada tingkat inflasi (yoy) di level 7,6 persen, belum menembus 60 persen seperti pada 1998.

Indikator lainnya yang menunjukan posisi aman diantaranya rasio kredit bermasalah (NPL), jumlah cadangan devisa, bunga pasar uang antar bank, suku bunga acuan, rasio utang pemerintah terhadap PDB dan rasio utang luar negeri (pemerintah dan swasta) terhadap cadangan devisa.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});