Akankah Parpol Pendukung Jokowi-JK Solid Tahun Ini?

Akankah Parpol Pendukung Jokowi-JK Solid Tahun Ini?

WinNetNews.com - Peneliti Senior Forum Masyarakat Pemantau Parlemen (Formappi), Lucius Karus, menilai, salah satu tantangan terbesar pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla di tahun 2016 adalah komitmen partai pendukungnya untuk menyukseskan program-program pembangunan.

"Tantangan terbesar bagi Jokowi-JK untuk bisa menyukseskan program-program pembangunan di Tahun 2016 adalah bagaimana meyakinkan partai politik melalui DPR khususnya parpol-parpol pendukung pemerintahan untuk berkomitmen pada kepentingan negara," ujar Lucius saat dihubungi SP, Kamis (31/12).

Tantangan tersebut, kata Lucius tentu bukan perkara mudah bagi Jokowi-JK dalam meyakinkan partai-partai guna mendukung programnya. Untuk itu, menurut Lucius, peran utama mesti dimainkan oleh partai-partai pendukung pemerintahan, khususnya PDIP.

"Partai pendukung pemerintah mesti memperlihatkan kesolidan dalam mengawal program pembangunan. Mereka mesti bisa menekan nafsu untuk memanfaatkan ruang sebagai penguasa dengan melakukan intervensi dan manuver-manuver terhadap pemerintah yang justru akan memantik rasa saling curiga," ungkapnya.

Menurut dia, kecurigaan selalu akan membuat relasi menjadi serba canggung. Dan dalam urusan dengan negara, relasi yang canggung dan kaku berpotensi menghambat proses pembangunan dengan kebijakan-kebijakan strategis.

 

"Jadi selain komitmen pemerintah, komitmen partai politik menjadi penting untuk membangun kesolidan pembangunan," tandasnya.

Lucius mengakui, parpol terbiasa memanfaatkan kekuasaan eksekutif untuk dijadikan sumber pendapatan bagi partai. Hal ini, katanya, mendorong partai berebut jatah masuk pemerintahan.

"Dan nafsu untuk mengambil keuntungan dari jabatan untuk menghidupi partai bisa membuat partai-partai abai dengan komitmen untuk mendukung kegiatan yang pembangunan yang dicanangkan pemerintah," jelas dia.

(seperti dilansir BeritaSatu)