Akhir Januari, Jokowi Akan Kunjungi Kamp Pengungsi Rohingya di Bangladesh
Foto:Istimewa

Akhir Januari, Jokowi Akan Kunjungi Kamp Pengungsi Rohingya di Bangladesh

Sabtu, 20 Jan 2018 | 17:54 | Cindy Cesilia

WinNetNews.comPresiden Jokowi mengunjungi kamp pengungsi Rohingya di Cox’s Bazaar dalam lawatannya ke Bangladesh pada 27-28 Januari mendatang.

“Selain bertemu Perdana Menteri Sheikh Hasina, menurut rencana dan jika kondisi memungkinkan kami akan agendakan kunjungan Presiden Jokowi ke kamp pengungsi di Cox’s Bazaar,” kata Direktur Asia Selatan dan Tengah Kementerian Luar Negeri RI, Ferdy Nico Yohannes. 

Isu Rohingya masih menjadi salah satu fokus utama Jokowi saat bertemu Hasina nanti, terutama menjelang proses repatriasi pengungsi Rohingya dari Bangladesh ke negara bagian Rakhine, Myanmar.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga akan menekankan agar Bangladesh dan Myanmar menjamin keamanan para pengungsi saat repatriasi berlangsung.

Kunjungan ke Bangladesh ini merupakan bagian dari tur kenegaraan Jokowi ke sejumlah negara Asia Selatan.

Sebelum bertandang ke Bangladesh, Jokowi akan lebih dulu mengunjungi Sri Lanka pada 24-25 Januari, India pada 25-26 Januari, dan Pakistan pada 26-27 Januari.

Dari Bangladesh, Jokowi berencana bertolak ke Afghanistan untuk membalas kunjungan kenegaraan Presiden Ashraf Ghani pada 2017 lalu.

Di India, Jokowi akan melakukan kunjungan kerja menghadiri perayaan 25 tahun kerja sama India dan ASEAN.

Tidak hanya Presiden  Jokowi, para pemimpin negara ASEAN juga akan hadir dalam pertemuan itu.

Jokowi dan pemimpin negara ASEAN lainnya juga akan menjadi tamu kehormatan dalam peringatan hari kemerdekaan India pada 26 Januari.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...