Akhir Juli, Planet Mars Bisa Dilihat dengan Mata Telanjang dari Bumi

Cindy Cesilia
Cindy Cesilia

Akhir Juli, Planet Mars Bisa Dilihat dengan Mata Telanjang dari Bumi Foto:Ilustrasi

WinNetNews.com- Pada akhir Juli mendatang tepatnya 15 Juli jarak planet Mars akan dekat dengan bumi. Dikutip dari CNN, Hari itu Mars akan tampak lebih besar dan lebih terang. Fenomena ini bahkan bisa dilihat dengan mata telanjang. 

Untuk mengamati planet ini tanpa bantuan alat optik, cukup arahkan pandangan ke arah ufuk selatan pada malam hari. Mars akan terlihat di langit rendah, poisisinya paling tinggi hanya 35 derajat dari horison. 

Berdasarkan Badan Antariksa Amerika (NASA), nantinya Mars hanya akan berjarak sekitar 57,6 juta kilometer (35,8 juta mil) dari bumi.  Mars tidak akan berjarak sedekat ini lagi dengan bumi sampai tanggal 15 September 2035.

Peristiwa Mars Approach yang memungkinkan Mars terlihat jelas dari Bumi diperkirakan hanya terjadi setiap 15-17 tahun sekali.  Sebelum malam puncak jarak terdekat Mars, pada 27 dan 30 Juli planet tersebut sudah mulai terlihat membesar dan lebih terang. Posisi Mars yang saat itu tengah berlawanan dengan Matahari membuat planet ini terlihat lebih terang tiga kali lipat dari biasanya.


 

Apa Reaksi Kamu?