(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Akhir Oktober 2015 Dana Desa Tahap III Siap Disalurkan

Muchdi
Muchdi

Akhir Oktober 2015 Dana Desa Tahap III Siap Disalurkan

WinNetNews.com - Kementerian telah menggelontorkan dana desa di tahap I dan II sebesar Rp 16,5 triliun hal ini dikatakannya oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar . Sebagian besar dana desa tersebut telah digunakan untuk pembangunan infrastruktur yang bersifat padat karya, seperti pembangunan jalan desa atau embung desa sekaligus pembangunan saluran irigasi.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar , dilansir liputan6, Kamis (22/10/2015)."Dengan penggelontoran tahap I dan tahap II tersebut, dana desa yang sudah terserap mencapai angka 79 persen" .

Berdasarkan pengawasan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi sekaligus dari laporan para kepala daerah, pengalokasian dana desa sudah sesuai jalur.

Laporan dari kepala daerah akan menjadi acuan untuk menyalurkan tahap III. ‎"Secara nasional sudah on the track penyerapannya. Mereka kirim laporan, akan kami lihat kegunaan untuk apa. Laporannya setiap hari ada, on control kalau itu. Baru itu kami salurkan tahap III," kata Marwan.

Untuk tahap III, besaran dana setiap desa diperkirakan sekitar Rp 100 juta hingga Rp 200 juta.‎"Dana desa tahap III pada akhir Oktober. Jumlah dananya tidak seperti tahap I dan II, 20 persennya, Rp 100 sampai Rp 200 juta lah," kata Marwan.

 

Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Se-Indonesia (APPSI) Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pengalokasian dana desa selama ini sudah dilakukan sesuai dengan prosedur. Hasil ini mendapat apresiasi langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).‎

"Di daerah termasuk anggaran desa sudah mulai berjalan on the track, katakanlah tidak ada lagi provinsi yang tidak sesuai dengan tahapan yang ditetapkan. Oleh karena itu Bapak Presiden terus mengapresiasi dan mendorong agar mampu sesuai dengan target di atas 90 persen," kata Syahrul.

Sahrul mengatakan, Presiden Jokowi berharap dana desa yang telah tersalurkan dapat mempercepat pembangunan daerah melalui pembangunan desa. "Itu yang menjadi penekanan Bapak Presiden tadi dan para gubernur dan bupati juga menyampaikan hal yang sama. Dengan percepatan ternyata dalam posisi triwulan tiga ini kelihatannya bisa kita capai," ucapnya.

Untuk diketahui, pada Rabu (21/10/2015) kemarin, Presiden Jokowi mengumpulkan ratusan kepala daerah dari tingkatan Gubernur hingga Bupati dan Walikota di Istana Negara, Jakarta. Salah satu yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah pengalokasian dana desa.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});