(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Akhirnya Israel dan Turki Kembali Saling Berhubungan

Muhammad Takdir
Muhammad Takdir

Akhirnya Israel dan Turki Kembali Saling Berhubungan
WinNetNews.com - Israel dan Turki melakukan pertemuan rahasia dan mencapai kesepakatan awal untuk memulihkan hubungan yang telah lima tahun membeku. Kesepakatan itu, diduga terkait dengan kerja sama pasokan gas, setelah hubungan Turki dan Rusia memburuk.

“Kesepakatan untuk memulihkan hubungan antarkedua negara dilakukan dalam pertemuan rahasia di Swiss, awal pekan ini,” kata pejabat Israel yang menolak disebut namanya, seperti dikutip AFP, Kamis (17/12).

Menurut dia, delegasi Israel diwakili oleh Kepala Mossad Yossi Cohen dan Utusan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk rekonsiliasi Turki, Joseph Ciechanover. Mereka bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri Turki, Feridun Sinirlioglu.

Pejabat itu menjelaskan, kesepakatan awal dicapai setelah Israel menyanggupi permintaan untuk membayar kompensasi terhadap para korban kapal Turki yang diserang militer Israel, di Jalur Gaza pada 2010.

 

Hubungan Israel dan Turki menjadi beku pascainsiden serangan militer Israel terhadap kapal Turki yang menuju Jalur Gaza, pada Juli 2010. Saat itu, kapal Mavi Marmara asal Turki membawa 10 aktivis yang semuanya tewas akibat serangan militer Israel.

Insiden itu, kemudian ditindaklanjuti Turki dengan mengusir duta besar (dubes) Israel dan membekukan semua perjanjian militer antarkedua negara. Turki juga menuntut Israel membayar kompensasi kepada keluarga para aktivis yang tewas dalam insiden tersebut.

Namun pihak Israel menuding Turki sengaja membiarkan kapal Mavi Marmara menerobos blokade Israel di Jalur Gaza. Israel juga membalas tindakan Turki dengan mengusir dubes Turki dan menilai tindakan kapal tersebut sebagai bentuk provokasi.

“Lewat kesepakatan awal ini, kedua negara sepakat akan segera menindaklanjuti dengan menunjuk duta besar baru untuk masing-masing negara,” kata pejabat itu.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});